Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DLH Gorontalo Utara Butuh Tenaga Pemilah Limbah B3

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 17 April 2021 | 18:05 PM Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin didampingi Kepala DLH Ilyas Lagarusu saat melakukan video konferens dengan Kementerian ESDM dan lainnya yang disponsori oleh KPK belum lama ini, terkait pemanfaatan sampah. (Foto : Alosius M. Budiman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gorontalo Utara (Gorut) membutuhkan tenaga yang khusus memilah limbah B3. Maklum, limbah B3 atau yang berbahan kaca tak bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar Pembanhkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

Ini diungkapkan Kepala DLH Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu, Jumat (16/04/2021) saat ditemui di ruang kerjanya. Dikatakan oleh Ilyas Lagarusu, bahwa salah satu kendala yang dihadapi saat ini terkait dengan pemanfaatan sampah untuk kebutuhan bahan bakar PLTU yakni tenaga. 

“Sampah yang dibutuhkan oleh pihak PLTU itu harus bebas dari limbah B3 yang berbahan kaca yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik,” ungkapnya.

Untuk melakukan pemilahan, kata Ilyas Lagarusu, membutuhkan tenaga dan saat ini tenaga yang tersedia di DLH sangat kurang. Namun demikian, DLH Gorontalo Utara tetap melakukan yang terbaik, terhadap kebutuhan dan jalinan kerjasama ini akan dijalankan dengan semaksimal mungkin.

Terkait dengan anggaran? Ilyas Lagarusu mengungkapkan jika memang masih kurang, namun kondisi yang terjadi saat ini memang harus diterima. 

“Terhadap upaya lainnya yang dilakukan oleh pihak DLH dengan kebutuhan mendasar itu juga tengah disiasati dan dicarikan jalan keluarnya,” ujar Ilyas Lagarusu.

Persoalan lingkungan merupakan persoalan yang memang harus mendapatkan perhatian utama. Lasannya, akibat yang ditimbulkan dari persoalan lingkungan itu akan berdampak di segala aspek, bahkan dampaknya itu jauh sampai tahun-tahun yang akan datang. (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar