Selasa, 26 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dokumen Tengah Dipersiapkan, DPRD Seriusi Usulan Interpelasi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Senin, 30 November 2020 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Kantor DPRD Gorontalo Utara


Hargo.co.id, GORONTALO – Wacana akan dilakukannya interpelasi oleh DPRD Gorontalo Utara (Gorut) ternyata bukan isapan jempol belaka. Buktinya, dokumen pendukung telah disiapkan bukti keseriusan para Legislator Pantura (julukan Aleg Gorut) ingin menggelar interpelasi.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte yang ditunjuk sebagai juru bicara khusus terkait interpelasi. Menurutnya, usulan tersebut memang datang dari mayoritas fraksi yang ada.

“Namun yang perlu disadari di sini bahwa usulan tersebut masuk ke pimpinan bukan tanpa ada alasan yang jelas atau alasannya hanya dibuat-buat saja,” kata Matran Lasunte.

BACA  Azan Piola: Vaksinasi adalah Solusi Pencegahan Covid-19

Guna memperkuat usulan dari fraksi tersebut juga akan disertai dengan dokumen pendukung atas usulan yang dimasukan tersebut.

“Saat ini para fraksi yang ada di DPRD Gorontalo Utara tengah mengumpulkan dan menyusun dokumen yang memperkuat alasan mereka sampai kenapa harus dilakukan interpelasi kepada pemerintah daerah,” tegasnya.

Nantinya dokumen tersebut akan disampaikan kepada pimpinan dewan untuk selanjutnya tentu dokumen tersebut akan dipelajari.

BACA  Jika Tak Ingin Divaksin, Jangan Membahayakan Orang Lain

“Terkait dengan usulan tersebut dapat saja dibahas secara kelembagaan atau juga akan dibuat Panitia Khusus (pansus) untuk menindaklanjuti usulan interpelasi tersebut,” jelas Matran Lasunte.

Pasalnya, kata Matran Lasunte, selain dengan usulan interpelasi, ada juga usulan dari para fraksi untuk membentuk Pansus terkait dengan tata kelolah pemerintahan yang dinilai tidak lagi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Dan menurut penilaian dari para fraksi hal tersebut merupakan sebuah kesalahan dalam prosedural pengelolaan pemerintahan,” ujarnya.

BACA  Indra Yasin Segera Isi Jabatan yang Kosong

Namun kata Matran Lasunte, terkait dengan usulan interpelasi dan juga Pansus Tata Kelola Pemerintahan tersebut nantinya tidak akan mengganggu pelaksanaan agenda kelembagaan lainnya yang tengah berjalan saat ini.

“Seperti halnya untuk pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) itu akan tetap berjalan karena akan ada Pansus yang nantinya akan membahas,” kuncinya. (abk/hg)


Komentar