Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPR Ingatkan Kemenag Jangan Ada Potongan Dana Jemaah Calon Haji

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Senayan , pada Selasa, 16 Juni 2020 | 19:05 WITA Tag: , ,
  Anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka. Foto: Humas DPR RI


Hargo.co.id, JAKARTA – Anggota Komisi VIII DPR Diah Pitaloka mengungkap Kementerian Agama (Kemenag) telah memutuskan untuk meniadakan pemberangkatan ibadah haji 2020 akibat pandemi Covid-19. Karena itu, Diah berharap Kemenag tidak mempersulit para calon haji yang memutuskan untuk menarik uang mereka.

Seperti dilansir JPNN.com, Diah mengatakan, Kemenag telah menyiapkan tiga prosedur untuk pengembalian dana haji.

Sebab, kata Diah, mereka yang menarik semua dana hajinya akan kehilangan kesempatan untuk berangkat tahun depan.

BACA  Terkait Video Jokowi Marah-marah, Irwan Fecho Bilang Begini

“Kita ketahui bersama peniadaan haji ini akibat pandemi maka bagi calon jemaah, saya harap bisa bersabar dan memikirkan matang-matang apakah akan menarik dana haji mereka atau tidak,” kata Diah dalam keterangannya, Selasa (16/6).

Selain itu, Diah mengatakan pemerintah juga harus memastikan pengembalian dana haji ini tidak rumit.

Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan, jangan sampai ada potongan dana apa pun pada proses pengembalian ke rekening calon jemaah.

BACA  Jelang HUT Kemerdekaan RI, Upacara di Istana Merdeka Digelar Terbatas

“Jangan sampai para calon haji merasa sudah jatuh tertimpa tangga. Harus ada jaminan dari pemerintah bahwa tidak ada potongan dana apa pun dalam proses pengembalian,” katanya.

Diah juga meminta Kemenag mulai menyiapkan susunan nomor urut calon jemaah haji tahun 2021 setelah pengembalian dana haji kepada jemaah berdasarkan tiga skema yang diusulkan selesai dilaksanakan. Mengingat, calon jemaah yang gagal berangkat 2020, akan diterbangkan ke Tanah Suci pada 2021.

“Insya Allah kalau tidak ada kendala apa pun, wabah Covid-19 sudah dapat tertangani, Kemenag akan memberangkatkan calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini untuk berangkat tahun depan bagi yang memilih skema tidak mengambil penuh dana haji yang telah disetorkan,” kata dia. (boy/jpnn/hg)

BACA  Jelang New Normal, Penonton di Bioskop Berjarak Satu Kursi

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbtkan oleh JPNN.com dengan judul: “DPR Ingatkan Jangan Ada Potongan Dana Jemaah Calon Haji“. Pada edisi Selasa, 16 Juni 2020.

Komentar