Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Berharap Perekrutan PPPK Tahap II Penuhi Kuota Guru 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:01 PM Tag: , , ,
  Suasana rapat evaluasi Komisi l dengan BKD terkait perekrutan dan kesiapan peserta ujian CPNS PPPK untuk kuota guru. (Foto:Deice Pomalingo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Jumlah kuota guru yang terisi melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), ternyata jauh di bahwa kuota yang dibutuhkan. Olehnya DPRD Kabupaten berharap agar seleksi Tahap II dapat memenuhi kuota guru yang tersedia. 

Perlu dijelaskan, kuota guru yang tersedia yakni masih ribuan, sementara yang lulus seleksi, baik itu memenuhi passing grade, juga dilihat dari segi umur hanya berjumlah 300 orang. Ini terungkap dari rapat evaluasi Komisi l DPRD dengan Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Gorontalo, Selasa (19/10/2021). 

Ketua Komisi l DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano mengatakan, dari hasil rapat tentang rekrutmen CPNS PPPK tahap I sudah selesai dilaksanakan dan dari kuota seribu lebih, Kabupaten Gorontalo hanya lulus sebanyak 300 orang. Itupun sudah dengan bantuan karena lama mengabdi dan melihat umur.

“Sisanya nanti akan direkrut kembali pada pelaksanaan ujian tahap II dimana progresnya 8 November 2021 mendatang,” ungkap Syarifudin. 

Lanjut dikatakan Syarifudin, dengan kondisi rill jumlah yang lulus dengan kuota yang sangat banyak tetapi tidak bisa terisi maksimal berarti hanya ada sekitar 30 persen yang lulus. 

“Dengan kuota seribu lebih dan yang lulus hanya 300an itu artinya hanya ada 30 persen yang lolos tahap pertama dan berharap. Pada tahap II ini, para guru yang ikut PPPK dan sudah terdaftar dalam dapodik bisa mempersiapkan diri terhadap pelaksanaan untuk ujian ke dua dan ujian tahap pertama yang tidak lolos kemarin harus menjadi pelajaran untuk sukses di tahap II nanti,” harap Syarifudin.  

Aleg tiga periode ini juga mengimbau kepada yang belum lulus di tahap pertama untuk belajar maksimal dalam pelaksanaan ujian di tahap II nanti, agar bisa lolos, karena kalau tidak lolos maka di tahap ketiga pesaing semakin banyak dan ketat, karena sudah membuka untuk peserta umum termasuk luar daerah akan mengikuti pelaksanaan ujian di Kabupaten Gorontalo. 

“Sehingga diharapkan peserta ujian harus siap dan belajar dengan maksimal dan semoga sisa kuota yang tersisa ini bisa terisi semua oleh para guru dari Kabupaten Gorontalo, agar bisa terakomodir dan tidak diisi oleh orang dari luar Kabupaten Gorontalo, karena Kabupaten Gorontalo saat ini pun masih kekurangan guru,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 8 times, 1 visits today)

Komentar