Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Gorontalo Utara Ingatkan Soal Serapan Anggaran

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Rabu, 23 September 2020 | 04:05 WITA Tag: ,
  Ketua DPRD Gorut, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail mengingatkan kepada pihak eksekutif untuk memperhatikan persoalan serapan anggaran. Pasalnya, sudah akan masuk pada triwulan keempat untuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Menurut Djafar Ismail, persoalan serapan anggaran tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan karena melihat sisa waktu yang ada saat ini.

“Saat ini kami mengingatkan kembali kepada pihak eksekutif untuk memperhatikan persoalan serapan anggaran dan juga realisasi pelaksanaan program, mengingat waktu yang ada saat ini mau masuk pada triwulan keempat tahun anggaran 2020,” ungkapnya.

BACA  Gubernur Resmikan Gedung IPWL Ummu Syahidah

Apalagi saat ini kondisi yang terjadi yakni pandemi covid-19 yang sangat mempengaruhi pada anggaran dan juga pelaksanaan program.

“Kondisi pandemi corona saat ini tentu sangat mempengaruhi dari sisi anggaran dan juga pelaksanaan program pembangunan daerah dan itu sangat dirasakan,” tegasnya.

Namun demikian terhadap pelaksanaan program, Djafar Ismail menegaskan bahwa harus ada evaluasi terkait dengan realisasi baik pelaksanaan maupun serapan anggaran yang terjadi sampai saat ini.

BACA  Di Tangan Hamim Pou, Bone Bolango Makin Disegani

“Jangan sampai hal tersebut akan menjadi persoalan yang baru lagi. Sehingga sejauh mana proses ataupun progres pelaksanaan program dan sampai sejauh mana serapannya harus segera dievaluasi,” ujar Djafar Ismail.

Politisi senior PDIP tersebut menegarkan juga agar eksekutif dapat memperhatikan sisah waktu pada tahun anggaran yang berjalan saat ini.

BACA  HPMU Nomor Urut Dua, Merlan Uloli : Simbol Kemenangan dan Perdamaian

“Ketika program bermasalah maka segera dievaluasi, apakah masih dapat dilaksanakan atau tidak. Begitu juga dengan serapan anggarannya,” kata Djafar Ismail.

Dengan evaluasi tersebut maka dapat segera dilakukan lagi planing untuk langkah selanjutnya apa yang harus dilakukan.

“Dan juga kami di DPRD juga siap ketika pihak eksekutif datang untuk berkonsultasi maupun berdiskusi terkait dengan program atau anggaran,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar