Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Gorontalo Utara Minta Irigasi Didingga Diperhatikan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Rabu, 6 Mei 2020 | 11:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Rahmat Rahman


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut) dari Fraksi PDI Perjuangan, Rahmat Rahman meminta agar Irigasi Didinga diperhatikan. Pasalnya, aktivitas pertanian tak maksimal dan berpengaruh pada produktivitas beras.

Dirinya menjelaskan, petani di Kecamatan Biau kekurangan air untuk mengairi sawahnya. Pasalnya, kondisi irigasi sudah rusak sehingga butuh perbaikan. Ini sudah berlangsung kurang lebih tiga musim tanam.

BACA  Aleg Gorontalo Utara Minta Tingkatkan Infrastruktur Jalan

“Sementara tanggul yang diharapkan dapat mengaliri air ke areal persawahan sudah tidak maksimal lagi, dan kondisi ini sudah berlangsung cukup lama,” ungkapnya.

Irigasi yang dimanfaatkan oleh empat desa, debit airnya sangat minim. Ini disebabkan karena saluran air yang menjadi pintu masuk air dari sungai sudah rusak. Kerusakan saluran pintu masuk air tersebut harus segera diperbaiki agar masyarakat petani dapat beraktivitas secara normal kembali.

BACA  Program Pembangunan Harus Dipersiapkan Secara Matang

“Karena kondisi tersebut, untuk aktivitas bercocok tanam tidak maksimal. Bahkan ada yang areal persawahannya di dataran yang agak tinggi, hanya mengharapkan dan memanfaatkan air hujan,” tegasnya.

BACA  Pembangunan Jalan di Ponelo Kepulauan Gagal, Dua Aleg Protes

Perhatian pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sangatlah diperlukan, agar aktivitas petani dapat segera berjalan normal.

“Hal ini juga demi kepentingan daerah dalam rangka menjaga kestabilan produktivitas beras. Apalagi dalam menghadapi kondisi seperti saat ini pandemi Covid-19,” tandasnya. (abk/adv/hg)


Komentar