Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Gorontalo Utara Minta Maksimalkan Potensi Retribusi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Sabtu, 26 September 2020 | 12:05 WITA Tag: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte meminta eksekutif untuk memaksimalkan potensi retribusi. Baginya,ini penting untuk mengisi pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Apalagi, menurut Matran Lasunte, ada sebanyak 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki potensi untuk dimaksimalkan retribusinya.

“Jadi, ada 12 OPD yang diundang dalam rapat pembahasan terkait dengan Ranperda Retribusi Daerah yang semuanya memiliki potensi untuk menghasilkan retribusi,” kata Matran Lasunte yang mana saat itu juga sebagai Ketua Pansus Ranperda Retribusi Daerah.

BACA  Memiliki SDM Unggul, Lapangan Kerja Harus Tersedia

Lanjut katanya, nantinya Ranperda tersebut, akan menjadi acuan atau bagi setiap OPD dalam pengelolaan retribusi daerah.

“Karena selama ini, landasan hukum dalam pengelolaan retribusi itu tidak ada. Sehingga dengan adanya Ranperda ini akan menjadi landasan regulasi bagi setiap OPD dalam mengelola retribusi,” jelasnya.

BACA  Pembangunan Sarana dan Prasarana Harus Sesuai Kebutuhan

Ada begitu banyak potensi yang dimiliki untuk ditarik retribusinya seperti halnya untuk peminjaman Alsintan yang selama ini tidak maksimal karena tidak ada dasarnya.

“Kemudian di sektor penyewaan gedung, izin usaha, kelautan dan perikanan. Serta masih banyak lagi sektor lainnya yang dapat dimaksimalkan untuk pengelolaan retribusinya,” katanya.

BACA  Santuni Korban Banjir, Pemkab Gorontalo Apresiasi Program 'Jaksa Peduli'

Makanya, terhadap Ranperda ini, akan dibahas dengan maksimal agar nantinya dapat menjadi payung hukum bagi setiap OPD yang memiliki potensi.

“Sehingga mereka dapat mengelola potensi tersebut dan terutama daerah mendapatkan pemasukan yang jelas dari sektor retribusi termasuk juga untuk papan reklame dan lain sebagainya yang semuanya akan diatur,” pungkasnya. (abk/hg)


Komentar