Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Gorut Nilai Catatan LHP oleh BPK Sudah Sering Terjadi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Minggu, 12 Juli 2020 | 06:06 WITA Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari pembahasan Pansus Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, yakni temuan yang ada ternyata sudah sering terjadi dan bahkan rutin setiap tahun.

Menurut anggota DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie, dari yang dipelajarinya, ternyata apa yang menjadi catatan tersebut merupakan satu hal yang berulang setiap tahunnya. Menurutnya, apa yang menjadi catatan dari LHP tersebut harusnya dapat diminimalisir.

BACA  Komisi II Minta Aktifkan Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi

“Karena yang menjadi catatan tersebut merupakan hal yang dilakukan secara rutin. Justru rutinitas tersebut menjadi sebuah catatan oleh BPK RI,” ungkapnya.

Sesuatu yang terjadi secara rutin atau rutinitas yang kemudian menjadi catatan tidak perlu terjadi terus. Menurut Ridwan R. Arbie, harusnya ada perbaikan manajemen di tingkat eksekutif, sehingga tidak akan terjadi lagi hal yang berulang.

BACA  Kasus Covid-19 Meningkat, Bupati Langsung Gelar Rapat. Ini Hasilnya

“Seperti halnya untuk makan dan minum, banyak sekali catatannya, . Padahal untuk mata anggaran tersebut sesuatu yang rutin dilaksanakan. Ini tentu sangat mengherankan,” tegasnya.

Lalu apa solusinya? Ridwan R. Arbie meminta agar koordinasi lintas sektoral juga dibutuhkan dalam hal ini. Untuk hasil dari evaluasi tersebut dibuatkan dalam bentuk draft dan kemudian disebar ke OPD lainnya.

BACA  Guna Tangani Banjir, Ini Usulan BWS Sulawesi II ke Pemprov Gorontalo

“Hal ini bermanfaat bagi OPD lain dalam hal pelaksanaan makan minum kegiatan tidak akan menjadi temuan karena memiliki daftar para pelaku usaha yang memiliki izin dan masih beroperasi,” jelasnya. (abk/adv/hg)


Komentar