Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Ingatkan Netralitas Stakeholder di Pilkades

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Jumat, 19 Maret 2021 | 16:05 WITA Tag:
  Ilustrasi


Hargo.co.id, GORONTALO – Seluruh stakeholder diharapkan mengerti arti penting netralitas dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung pada 24 Maret 2021 di seluruh desa tersebar di Kabupaten Gorontalo. 

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPRD, Sukarman Humonggio, agar seluruh stakeholder dapat menghindari sikap atau tindakan yang dapat dilihat sebagai keberpihakan kepada salah satu pasangan calon kepala desa tertentu.

“Semua stakeholder baik aparatur sipil negara (ASN), Badan Pengawas Desa (BPD), panitia pemilihan, polisi, TNI  dan pihak-pihak terkait lainnya termasuk pada anggota DPRD,” ujar Sukarman, Jumat (19/03/2021). 

Sukarman yang juga sebagai anggota Fraksi PDIP membeberkan, termasuk aturan larangan kepada anggota DPRD dan DPD yang terlibat pada pelaksanaan kampanye atau menjadi juru kampanye calon. 

“Aturannya jelas setia anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi, bahkan kabupaten dilarang terlibat dalam kampanye atau juru kampanye,” kata Sukarman.

Ia mengkhawatirkan apabila ditemui ada anggota DPRD kedapatan terjun secara langsung ikut dalam pelaksanaan menjadi juru kampanye. 

“Saya sangat mengharapkan kepala seluruh pihak terkait, ayo kita sukseskan Pilkades serentak ini. Hindari ketidaknetralan, serahkan perhelatan ini kepada para kandidat, biar kam rakyat yang menjadi penentu,” tutup Sukarman. (wie/adv/hargo)

BACA  Hubungan Eksekutif-Legislatif Tetap Terjaga

Komentar