Minggu, 28 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Kabupaten Gorontalo Segera Bahas Lima Ranperda

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 11 November 2021 | 06:05 AM Tag: , , ,
  Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase

Hargo.co.id, GORONTALO – DPRD Kabupaten Gorontalo segera membahas lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Sesuai rencana, kelima Ranperda itu akan dibahas pada 2022 mendatang dan merupakan usul inisiatif legislatif dan eksekutif.

Rencana pembahasan lima Ranperda itu juga sudah mendapat persetujuan dari tujuh fraksi di DPRD saat paripurna, Senin (08/11/2021) lalu. Dua Ranperda usul inisiatif eksekutif yakni tentang Ranperda Retribusi Jasa Umum dan Ranperda Retribusi Jasa Usaha.  

Sementara usul inisiatif legislatif yakni Ranperda Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM), Ranperda Jalan Umum, Jalan Khusus untuk Angkutan Hasil Pertambangan dan Hasil Perkebunan. Terakhir yakni Ranperda Pembentukan Perlindungan, Pengelolaan dan Pengembangan Artefak Budaya di Kabupaten Gorontalo. 

Menurut Ketua DPRD Syam T Ase, usulan ini oleh Lembaga DPRD telah ditindaklanjuti  sesuai mekanisme Tata tertib DPRD. Selanjutnya dilakukan penentuan jadwal pembahasannya melalui Rapat Badan Musyawarah dan disepakati pelaksanaan Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat I dilaksanakan, Senin,8 November 2021.

”Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah yang menetapkan agenda Pembahasan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2022 dan 2 Ranperda usul inisiatif pemerintah Kabupaten Gorontalo ini,” jelas Syam T. Ase. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 23 times, 1 visits today)

Komentar