Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Minta OPD Fokus Laksanakan Program

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Jumat, 19 Maret 2021 | 23:05 WITA Tag: ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail meminta kepada pemerintah daerah terutama kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat fokus melaksanakan apa yang telah menjadi program pembangunan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan.

Menurut Djafar Ismail, fokus pembangunan daerah itu sangatlah penting karena ini menyangkut keberhasilan program dan juga terhadap target capaian kinerja yang nantinya akan menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah.

BACA  Usia Pohon Perlu Diperhatikan, Jangan Lagi Ada Korban 

“Terlebih kepada bupati dan wakil bupati selaku kepala daerah dan wakil kepala daerah yang penilaiannya erat dengan keberhasilan kinerja dan kepemimpinan mereka,” ungkap Djafar Ismail.

Keberhasilan dalam pelaksanaan program pembangunan sesuai dengan visi dan misi pemerintahan yang ada saat ini, tentu juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana kinerja dari OPD dalam melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan.

“Walaupun memang saat ini kita ketahui bersama kondisi yang terjadi sangat mempengaruhi anggaran yang ada di daerah yang tentunya juga ikut mempengaruhi program dan anggaran daerah” kata kader PDI Perjuangan ini.

BACA  Pertahankan Batas Wilayah, DPRD Temui Lembaga Tinggi Negara

Namun demikian, terhadap kinerja para aparatur jangan ikut terpengaruh juga kata Djafar. Ketika program pembangunan daerah tidak terlaksana dengan maksimal, apalagi dengan program unggulan, maka yang akan menjadi sasaran adalah kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Yang sebenarnya penilaian tersebut bukan kepada mereka, namun kepada para aparatur yang mengimplementasi program di lapangan yang mengakibatkan penilaian dikembalikan kepada kepala daerah,” tegasnya.

BACA  Penyusunan Program di Desa Harus Mengacu Regulasi

Dan kepada bupati dan wakil bupati, Djafar Ismail mengimbau untuk dapat melakukan evaluasi secara rutin dan tidak sungkan untuk menegur dan bahkan jika diperlukan memberikan sanksi yang tegas selain teguran yang tentunya tidak dapat membuat efek jerah seperti yang selama ini terjadi. (abk/adv/hargo)


Komentar