DPRD Minta Pending Perpanjangan Izin PLTU Tomilito

Upaya mediasi persoalan tanah oleh DPRD Gorut, yang merupakan salah satu dari sekian persoalan yang berhubungan dengan PLTU Tomilito.

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah daerah Gorontalo Utara (Gorut), diminta untuk tidak mengeluarkan perpanjangan izin bagi PLTU Tomilito. Larangan ini mendahului rekomendasi mengingat semakin urgennya masalah ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Komisi III, DPRD Gorut, Rahmat Lamadji usai menggelar rapat. “Kami akan melayangkan surat kepada pemerintah daerah yang ditujukan kepada bupati agar belum menerbitkan perpanjangan izin dari PLTU Tomilito,” ungkapnya.

Surat tersebut kata Rahmat, mendahului rekomendasi yang nantinya akan diterbitkan oleh pihaknya terkait dengan keberadaan PLTU Tomilito. Maklum, saat ini banyak masalah yang terjadi dan butuh penyelesaian secepatnya sebelum izin diperpanjang.

“Permohonan penundaan perpanjangan izin tersebut juga merupakan salah satu poin dari rekomendasi yang akan diterbitkan nanti. Hanya saja surat permohonan ini mendahului rekomendasi yamg akan diterbitkan nanti,” tegas Rahmat.

Ada banyak persoalan yang terjadi terkait dengan keberadaan dan aktivitas dari PLTU Tomilito. Mulai dari persoalan tanah yang tak kunjung selesai, persoalan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang selalu menuai tanya dan sorotan serta persoalan lainnya yang todak kalah pelik.

“Memang harus diakui bahwa kemajuan daerah termasuk pembangunannya tidak terlepas dan dipengaruhi oleh pihak investor. Hanya saja, investor yang berinvestasi di daerah juga harus mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan berbagai aspek lainnya juga, jangan hanya diabaikan begitu saja,” tegasnya.

Bagi Rahmat, pihaknya tidak ingin jika investasi di daerah justru memperkeruh stabilitas si masyarakat. “Stabilitas daerah sangat mempengaruhi pelaksanaan pembangunan daerah, jangan sampai tujuan pembangunan terganggu,” ujarnya.

Olehnya, Rahmat berharap agar hal ini dapat dijadikan perhatian bagi daerah agar stabilitas dan pembangunan daerah terus terjaga dan terlaksanakan. (abk/hg)

-