Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DPRD Minta Program Bantuan Diawasi dan Dievaluasi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Senin, 13 Januari 2020
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail berharap agar program bantuan kepada masyarakat dapat dimanfaatkan secara maksimal. Ini bertujuan agar peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat jalan sesuai harapan.

Kepada media ini, Gustam Ismail menjelaskan bahwa perlu adanya evaluasi dan juga pengawasan berkala dan rutin dilakukan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki program bantuan kepada para penerima bantuan.

“Fakta di lapangan, ada bantuan yang sudah tidak dimanfaatkan dan hanya dibiarkan terlantar begitu saja tanpa ada perawatan,” ungkapnya.

Padahal kata Gustam Ismail, program bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah tersebut melalui berbagai OPD sesuai dengan bidangnya itu, berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Sayangnya, bantuan tersebut tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat penerima. Padahal tidak semua masyarakat yang mendapatkan bantuan, masih banyak lagi di luar sana yang menunggu untuk mendapatkan sentuhan bantuan,” tegas Gustam Ismail.

Bahkan bukan itu saja kata Gustam Ismail, ada bantuan yang sampai dijual, padahal ini kan tidak dibenarkan.

“Olehnya pengawasan berkala dan berkesinambungan tersebut sangat penting untuk dilakukan dan jika perlu dibuatkan surat perjanjian atau semacamnya untuk menjamin agar masyarakat yang menerima bantuan tersebut benar-benar memanfaatkan program pemerintah tersebut dan jika nantinya tidak digunakan dapat saja diberikan sanksi atau sewaktu waktu dapat ditarik,” ujarnya.

Hal ini kata Gustam Ismail diharapkan untuk dapat dilaksanakan agar pelaksanaan program dan juga manfaatnya benar-benar maksimal. (adv/abk/hg)