DPRD Minta Sengketa Lahan Diselesaikan Secara Musyawarah

Komisi I bersama Pemerintah Kecamatan Ponelo Kepulauan dan pemerintah desa tinjau langsung lokasi lahan sengketa, Senin (13/01/2020) di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait dengan persoalan lahan yang rencananya akan dibangun Polsek di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Komisi I turun langsung meninjau dan sekaligus berdialog bersama masyarakat dan juga pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat.

Kepada media ini, Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rina Polapa mengatakan bahwa pihaknya telah turun langsung melihat kondisi lapangan.

“Jadi di lokasi yang bakal dibangun polsek tersebut, telah ada bangunan rumah warga yang diduga telah masuk sedikit ke dalam lokasi tanah tersebut,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut kata Rina, pihaknya Komisi 1 yakni Matran Lasunte, Siswanto Biki, Jeri Kiswanto bersama pemerintah kecamatan dan desa telah berdialog dengan warga yang mendirikan rumah tersebut.

“Ada beberapa opsi yang disampaikan pihak kecamatan kepada keluarga tersebut yakni menghentikan pembangunan rumah yang telah masuk lokasi polsek dan untuk rumah yang satunya lagi akan dipotong sebagian kemudian akan diberikan bantuan rumah mahyani,” jelasnya.

Ada juga opsi lainnya yakni pemilik rumah tersebut kata Rina akan melakukan tukar guling dengan luasan lahan yang sama.

“Untuk dialog dengan pihak keluarga masih berlanjut dan kami Komisi I memberikan kesempatan sampai seminggu kedepan untuk dilakukan perundingan dan mencari jalan keluar yang tidak merugikan dan disepakati oleh kedua belah pihak,” tegasnya.

Untuk persoalan ini kata Rina, pihaknya  tidak mencari siapa yang benar dan siapa yang salah, karena mereka masyarakat juga dan ini terkait dengan pembangunan dan pengembangan kantor pemerintahan yang pasti tujuannya juga untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Olehnya persoalan ini diharapkan untuk dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat demi kemaslahatan orang banyak. Disisi lain masyarakat tidak merasa dirugikan dan disisi lain terhadap rencana pembangunan kantor tetap berjalan dengan baik dan maksimal,” pungkasnya. (abk/adv/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *