Senin, 5 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dua Tokoh Nasional Putra Gorontalo Akan Dianugrahi Gelar Adat

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 25 Maret 2021 | 10:05 WITA Tag: ,
  Suasana rapat persiapan penganugerahan pulanga atau gelar adat kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang dipimpin oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim di ruangan Huyula Gubernuran Gorontalo, Selasa (23/03/2021). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebagai putra Gorontalo yang merupakan tokoh nasional, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, akan menerima penganugerahan gelar adat atau pulangga.

Hal itu seiring dengan dilaksanakannya rapat persiapan penganugerahan pulangga oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur H. Idris Rahim, yang digelar diRuang Huyula, Kantor Gubernur Gorontalo, Selasa (23/03/2021).

BACA  Merger Poligon-UNG Tak Terwujud, Ingin Tahu Kenapa?

Selain Wagub Idris Rahim, turut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Darda Daraba, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Tokoh Adat.

“Kita tetapkan pelaksanaannya tanggal 7 April 2021 dan tolong segera diberitahu kepada mereka yang akan diberi pulanga,”kata H. Idris Rahim.

Wagub juga menyampaikan, persiapan lain yang dibahas yakni menyangkut pakaian adat yang akan dikenakan oleh kedua Menteri Kabinet Indonesia Maju, pembangunan panggung adat, undangan, buku panduan adat, hingga persiapan akomodasi, pengamanan dan parkiran kendaraan. Wagub meminta untuk pakaian adat pulanga harus segera dikirim ke Jakarta.

BACA  Hadiri Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis, Ini Harapan Wagub Gorontalo

“Bahan untuk baju adat paling lambat hari Sabtu ini sudah dikirim ke Jakarta biar segera dijahit. Demikian pula halnya untuk panduan adat harus segera disusun dan diupayakan selesai seminggu sebelum hari H,”ujar Wagub

BACA  Silaturahmi Wagub dan Kades Bahas Masalah Pertanian

Idris Rahim juga menambahkan, penganuerahan pulanga kepada kedua tokoh nasional itu merupakan momentum untuk mempromosikan potensi wisata serta kekayaan budaya dan adat Gorontalo. Oleh karena itu Wagub meminta agar pelaksanaan gelar adat diekspos semaksimal mungkin.

Diakhir kesempatannya Wakil Gubernur Gorontalo II periode itu juga meminta kepada pihak penyelenggara, agar seluruh proses persiapannya dari sekarang harus sudah mulai dikerjakan.(zul/adv/hargo)


Komentar