Minggu, 28 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dua Truk Saling Senggol di Pontolo, Puluhan Ton Minyak Sawit Tumpah di Jalan

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Kamis, 18 November 2021 | 20:05 PM Tag: , , ,
  Minyak kelapa sawit mentah yang dimuat di truk tangki CPO tumpah di jalur Pontolo, Kwandang. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Akibat dua truk bersenggolan saat menjajal pendakian Pontolo, Kwandang, puluhan ton minyak kelapa sawit mentah tumpah di jalan, Kamis (18/11/2021). Dua truk tersebut yakni truk tangki Crude Palm Oil (CPO) bermuatan minyak sawit mentah dan truk bermuatan semen. 

Informasi yang dihimpun Hargo.co.id, peristiwa bermula saat sebuah dump truk bermuatan semen dengan nomor polisi DM 8036 AJ yang dikemudikan Marwan Nusi (37) sedang melintas dari arah kwandang menuju ke arah Kota Gorontalo mengalami patah stik as dan berhenti di tengah jalan.

Dari arah berlawanan sebuah truk tangki CPO bermuatan minyak sawit mentah dengan nomor polisi BE 9110 A yang dikemudikan Fauzan Tahir (41) melintas dari arah Paguyaman menuju Bitung. Saat keduanya menjajal jalur Pontolo, keduanya saling senggol, sehingga mengakibatkan manhole dari truk tangki CPO bocor. 

TNI-Polri saat mengamankan jalan licin di desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/11/2021). (Foto: Istimewa)
TNI-Polri saat mengamankan jalan licin di desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/11/2021). (Foto: Istimewa)

“Mobil yang dikemudikan Marwan Nusi yang dari arah Kwandang menuju Tibawa mengalami patah stik as. Jadi saat mobil yang muat minyak ini sedang turun dan berbelok, kran minyaknya kesenggol body dari mobil truk pengangkut semen. Makanya minyaknya tumpah,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort (Polres) Gorontalo Utara, AKP Supomo. 

Akibat kejadian tersebut, minyak sawit yang diperkirakan berjumlah 10 ton dari truk tangki CPO tumpah dan memenuhi sebagian badan jalan sehingga mengakibatkan jalur Pontolo sulit dilintasi hingga menyebabkan kemacetan. Pihak Satlantas Polres Gorontalo Utara yang berada di TKP memberlakukan sistem buka tutup jalan untuk mengurangi kemacetan.

“Kami melakukan upaya pengaturan arus lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan, kita berlakukan buka tutup sambil mengamankan curahan minyak yang membasahi jalan, agar tidak menimbulkan korban baru. Kita akan amankan sampai minyak ini kering dan jalan bisa aman untuk dilintasi kembali,” kata AKP Supomo.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat berita ini diturunkan, jalan menuju ke Pontolo atas masih dalam keadaan licin dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas jika pengendara tidak hati hati. Sementara itu, dump truk sudah di evakuasi dari TKP sedangkan truk tangki CPO dengan kapasitas muatan 30 ton tersebut masih berada di TKP. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 415 times, 1 visits today)

Komentar