Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dua Unit Rumah Ludes Terbakar, Mau Tahu di Mana?

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Headline Metropolis , pada Sabtu, 20 Oktober 2018 | 11:11 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Akibat amukan Si Jago Merah, dua unit rumah ludes terbakar. Bukan hanya itu, dua tempat usaha yakni kios dan bengkel rata dengan dana di Desa Buntulia Tengah, Kecamatan Duhiadaa pada Jumat (19/10/2018).

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran itu bermula ketika Kartin Humonggiyo (53) yang merupakan pemilik warung, hendak membakar sampah yang berada tepat disamping warungnya. Entah kenapa, api langsung melalap warung miliknya, mengingat usaha tersebut juga menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis Premium dan Pertalite.

Kartin Humonggiyo langsung berteriak dan meminta tolong kepada warga untuk mengambil air, mengingat api mulai membesar hingga menghanguskan warung miliknya. Hanya saja, usaha yang dilakukan sia-sia mengingat api terus membesar dan merembes ke rumah milik Irsan Lalu (67) yang ditinggali 8 orang.

Kondisi cuaca saat itu sedikit berangin sehingga api terus berkobar. Kali ini rumah milik keluarga Pura Bumulo (72) yang juga didiami 6 orang jiwa ikut terbakar. Api dipadamkan beberapa jam berikutnya setelah ditangani Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Pohuwato.

Proses pemadaman yang dilakukan oleh Damkar Pohuwato yang dibantu oleh TNI, Polisi dan masyarakat sekitar. (Foto Istimewa)

Alan Lalu salah satu korban menuturkan, sesaat sebelum kebakaran terjadi dirinya melihat Kartin Humonggiyo sedang membakar rumput. Beberapa saat kemudian, dirinya pun mendengar sebuah letupan yang membuat dirinya mencoba mencari asal bunyi tersebut.

Melihat kobaran api sudah sangat besar di warung milik Kartin. Dirinya pun langsung lari dan menyelamatkan para anggota keluarganya yang saat itu masih sedang tertidur siang.

“Pokoknya saya lihat api so basar, saya langsung lari ke rumah kase bangun saya pe ade-ade dengan istri dan saya pe anak. Karena memang api so mulai bajalan patorang pe halaman,” ujarnya. (Baca Gorontalo Post edisi Sabtu 20 Oktober 2018)

Kepala Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Pohuwato, Nurdin Ismail, menurutkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebenara. Hanya saja dirinya mengakui, dari informasi dari para saksi mata bahwa kebakaran tersebut dipicu oleh adanya aktifitas salah seorang warga yang sedang membakar rumput yang akhirnya merembes dirumah warga.

“Untuk nilai kerugianya kami belum bisa memastikanya, hanya saja di 4 titik kebakaran ini diantaranya 2 rumah warga, 1 benkel yang baru dibuka, dan 1 warung milik salah seorang warga,” tandansya. (ryn/hg)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar