Jumat, 29 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dukung Penanganan Covid-19, Namun Langkah Harus Terukur

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 3 Oktober 2021 | 14:05 PM Tag: ,
  Anggota DPRD Gorut, Lukman Botutihe

Hargo.co.id, GORONTALO – Pada dasarnya pihak DPRD Gorontalo Utara (Gorut) tidak keberatan terhadap langkah pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Justru legislatif mendorong upaya penanganan yang ada, namun terhadap langkah tersebut harus terukur.

Ini disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe saat pembahasan perubahan anggaran. 

“Pada dasarnya kita semua mendorong pemerintah daerah melalui pihak yang diberikan tanggung jawab secara teknis untuk mengambil langkah dan upaya penanganan virus covid-19,” ungkapnya.

Hanya saja, terhadap langkah penanganan yang dilakukan tersebut harus terukur, karena hal tersebut, kata Lukman Botutihe, berhubungan erat dengan anggaran. 

“Untuk apa sesuatu yang dilakukan atau diadakan dalam jumlah besar, namun secara pemanfaatannya tidak maksimal,” kata Lukman.

Apa yang disampaikan oleh Lukman tersebut tidak terlepas dari anggaran penanganan covid-19 yang dibahas dalam perubahan anggaran tersebut dimana pihak Dinas Kesehatan kembali mengusulkan anggaran yang dalam item tersebut ada seperti pengadaan masker dan lainnya. 

Sepengetahuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Gorut, sebelumnya pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Gorut telah mengadakan masker sekitar 10 ribu boks. Tentunya pihak Banggar bertanya-tanya jumlah 10 ribu boks tersebut bukan sedikit. 

“Dikemanakan masker tersebut, kapan dibagikan karena kita juga di DPRD butuh masker juga namun kenapa tidak kebagian. Itu jumlah yang sangat banyak, apakah sudah habis terpakai,” kata Lukman.

Begitu juga terhadap pelaksanaan vaksinasi kata Lukman, dirinya dan keluarga juga ikut serta menjadi peserta vaksinasi dan diukur dara dan pemeriksaan lainnya. Tentu terhadap hal tersebut mendapatkan perhatian dan dihubungkan lagi dengan anggaran yang diusulkan tentu membuat tanda tanya.

Dan untuk itu Lukman menegaskan sekali lagi bahwa pihaknya bukan tidak menyetujui namun terhadap penjelasan atas pemanfaatan dana sebelumnya itu bagaimana? 

“Kemana anggaran tersebut? ini anggaran yang besar, bukan tidak menyetujui namun kami minta kejelasannya,” pungkasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar