Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Duta Perubahan Perilaku Covid-19 Capai 29 Ribu Orang

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 12 November 2020 | 18:05 WITA Tag: , ,
  Dinas Kesehatan Pohuwato bersama Pramuka usai membagikan masker kepada pengguna jalan di Marisa, Pohuwato. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Ada kabar baru terkait upaya penekanan jumlah warga yang terpapar Covid-19. Yakni, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat sudah ada 29 ribu orang yang menjadi Duta Perubahan Perilaku per Kamis (12/11/2020). Jumlah itu diperkirakan terus bertambah sekaligus memberikan dampak perubahan perilaku di tengah-tengah masyarakat terkait protokol kesehatan Covid-19.

“Kalau data sampai kemarin, 26.322 orang. Data per siang ini, sudah hampir 29 ribu. Jadi pertambahannya cukup cepat dalam beberapa hari,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi, dalam webinar bertajuk Aksi Duta Perubahan Perilaku di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

BACA  Menuju Zona Hijau, Warga Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Sonny menerangkan, pihaknya bersama Duta Perubahan Perilaku terus mengampanyekan kepatuhan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak di tengah masyarakat. Sejauh ini, menurut dia, intervensi itu membuat 32 persen orang patuh terhadap protokol kesehatan.

BACA  Deklarasi Patuh Perda Protokol Kesehatan Digelar di Gorontalo

“Sebanyak 68 persen merespons mereka menerima informasi untuk patuh 3M, tetapi hanya 32 persen yang bilang saya berkomitmen untuk melaksanakan. Selain itu dari 3,5 juta orang yang disosialisasikan ternyata ada 25 ribu menolak diedukasi,” ujar Sonny.

Menurut Sonny, Duta Perubahan Perilaku di daerah turut membantu karena melakukan sosialisasi berdasarkan bahasa dan kearifan lokal.

BACA  Sebanyak 23 Paket Proyek Tertunda Selama Pandemi

Di samping itu, Sonny mengatakan, aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku dalam sepekan terakhir, mengungkap data terhadap masyarakat yang patuh pakai masker sebanyak 85 persen.

“Ini menunjukkan ada progres, dari 78 persen jadi 85 persen pada sebulan terakhir,” kata dia. (tan/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar