Senin, 19 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Efek Bila Kurang Perawatan saat Pakai Contact Lens

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Jumat, 19 Mei 2017 | 01:00 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id – Untuk menggunakan contact lens, dibutuhkan konsistensi dalam merawatnya. Bila tidak telaten harus terima efek sampingnya. Menurut Spesialis Mata Prof Dr dr Diany Yogiantoro SpM(K), contact lens mahal atau murah sama-sama punya risiko.

Bila kondisi ini dibiarkan berlarut bisa menjadi dry eye (mata kering). Bahkan, lanjutnya, tidak jarang para pasien datang dalam kondisi erosi mata. Bila sudah begitu, pengobatannnya pasti lebih lama dengan mengkonsumsi antibiotik.

Selain karena tangan kotor, bisa juga karena air rendaman contact lens. ’’Harus diperhatikan kalau matanya memerah setelah atau selama menggunakan lensa kontak bisa jadi karena alergi dengan airnya,’’ imbunya.

BACA  Ini Dia 4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Selama ini para pasien mengira mata merah akibat dari paparan debu. Padahal bila mata merah sudah menjadi pola saat pemakaian lensa kontak. Sebaiknya seseorang harus segera konsultasi ke dokter. Terutama untuk seseorang dengan kelaninan refraksi mata, yaitu mata minus sampai dengan silinder.

Jangan sampai pemakaian contact lens membuat semakin parah kelainan refraksi mata. Menurut Diany, yang berkacamata pastinya boleh berganti ke contact lens. Tapi harus benar-benar memperhatikan higienitas dan peka dengan kondisi mata selama pemakaian contact lens.

BACA  7 Manfaat Ajaib Daun Pisang untuk Kesehatan

’’Kalau alasan pasien saya, kacamata bikin perempuan tidak bisa menonjolkan riasan mata seperti eyeshadow dan eyeliner karena itu dia beralih ke contact lens. Atau bila sudah bosan dan tidak telaten sekalian memilih dengan lasik. Tidak dipungkiri masalah estetika memang penting untuk para perempuan,’’ tegasnya. (hg/ina/tia)


Komentar