Sunday, 19 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Efektifkan Vaksinasi di Wilayah Pesisir, Lanal Gorontalo Kerahkan KAL Limboto 1-8-33

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Monday, 30 August 2021 | 18:05 PM Tags: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Homa Sugama bertemu usai menghadiri Rapat Forkopimda yang digelar di Aula Kusno Danupoyo, Makorem 133 Nani Wartabone, Senin (30/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam rapat Forkopimda yang digelar di Aula Kusno Danupoyo, Makorem 133 Nani Wartabone, Senin (30/08/2021), pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo berencana akan mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Limboto 1-8-33 untuk mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi begi warga pesisir di Provinsi Gorontalo.

Komandan Lanal (Danlanal) Gorontalo, Letkol Laut (P) Homa Sugama mengungkapkan, kehadiran kapal patroli laut itu sebagai bagian dari keterlibatan TNI AL mendukung vaksinasi Covid-19, dengan sasarannya yaitu warga pesisir dan nelayan Gorontalo.

“Kita menyasar masyarakat pesisir dan para nelayan untuk melaksanakan vaksinasi. Kita membantu percepatan vaksinasi dari pemerintah,”Letkol Laut (P) Homa Sugama

Sebagai langkah awal, pihaknya berencana melayarkan KAL Limboto 1-8-33 ke dermaga di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Selasa besok. Kapal ini juga diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa sekolah yang ingin melihat dari dekat alutsista kebanggaan Lanal Gorontalo.

Di tempat yang sama, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut baik rencana tersebut. Keterlibatan semua elemen pemerintah sangat penting agar program vaksinasi bisa berjalan lancar.

“Kami menyambut baik. Bahkan kalau perlu, saya ingin ke sana untuk melihat dari dekat bagaimana proses vaksinasi berjalan,” kata Rusli Habibie.

Kapal patroli Limboto 1-8-33 merupakan jenis KAL KAMLA dengan spesifikasi panjang 29 m dan lebar 5,85 m. Memiliki bobot penuh 70 ton dengan kecepatan maksimal 29 knot dan ekonomis 18 knot.

KAL dilengkapi dengan satu buah meriam 20 mm di haluan kapal serta dua buah mitraliur 12,7 mm di geladak kapal. KAL Limboto melengkapi alutsista Lanal Gorontalo yang sebelumnya sudah memiliki 1 combat boat, 1 sea rider dan 1 Patkamla Lahilote.(*)

Penulis: Zulkifli Pimengo
(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar