Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Elektabilitas Partai Demokrat Masuk Tiga Besar

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Senin, 24 Mei 2021 | 12:05 Tag: , , ,
  Yusri Salam, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Gorontalo (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, Yusri Salam mengaku bersyukur, karena hasil survey nasional soal elektabilitas Partai Demokrat berada pada posisi ketiga.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil survey nasional elektabilitas berada pada posisi ketiga, sementara elektabilitas secara umum ketokohan Pak AHY masuk dalam enam besar, namun jika dibandingkan dengan ketua-ketua partai politik lain, AHY berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89 persen,” kata Yusri. Senin (24/5).

Yusri yang juga bendahara fraksi Demokrat itu membeberkan hasil survey Perkumpulan Kader Bangsa dengan Strategic Consulting pada akhir bulan April hingga awal Mei 2021 elektabilitas Partai Demokrat meraih 14,8 persen. Pada peringkat pertama diraih PDIP dengan hasil presentase 19,6 persen, lalu Partai Gerindra 15,03 persen.

Survey dilakukan terhadap 1.200 responden tersebar di 34 provinsi dengan metode stratified random sampling, menggunakan teknik wawancara telepon. 54,8 persen responden berada pada rentang usia 21-30 tahun, dan sebagian besar pelajar atau mahasiswa 33 persen, karyawan swasta 28 persen, serta pengusaha dan wirausaha 17 persen.

Pencapaian yang diraih Partai Demokrat ini tidak luput dari kerja keras AHY dalam menahkodai partai sebagai Ketua Umum.

“Beliau berhasil melakukan konsolidasi internal sekaligus mulai mengambil hati dan pikiran publik,” Ungkap aleg dapil Tibawa-Pulubala ini.

Ia juga menambahkan, polemik gerakan keinginan mengambil alih kepemimpinan Demokrat yang dilakukan KSP Moeldoko dan gerombolannya, berhasil diatasi dengan clear victory baik secara politik dan hukum, sekaligus mendulang keuntungan elektoral.

“Dengan begitu saya menilai lahir semacam penerimaan kuat di internal Partai Demokrat, bahwa AHY adalah harapan sekaligus takdir yang tidak bisa dihindari menjadi bagian terpenting dalam sejarah Partai Demokrat dan kami setuju Ketua Umum Partai Demokrat Bapak Agus Harimurti Yudhoyono menjadi calon Presiden di Pilpres 2024,” tandasnya. (wie/adv/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar