Jumat, 15 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Empat Mantan Ketua Jadi Komisioner Provinsi

Oleh Jamal De Marshall , dalam Gorontalo , pada Selasa, 22 Mei 2018 | 15:13 WITA Tag:
  


GORONTALO,Hargo.co.id-Ada yang menarik dari penetapan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo periode 2018-2023. Yakni, dari lima yang ada, empat diantaranya merupakan mantan ketua di level kabupaten.

Nama-nama yang masuk lima besar dan telah ditetapkan oleh KPU RI yakni Fadlyanto Koem, Sophian Rahmola, Hendrik Imran, Ramli Ondang Djau dan Selvie Katili. Sesuai informasi, pelantikan mereka akan berlangsung pada 24 Mei di Jakarta.

Kelima anggota yang akan dilantik itu merupakan kandidat yang menempati urutan tertinggi (5 besar), hasil seleksi calon anggota KPU Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan oleh KPU RI. Penetapan hasil seleksi tersebut dituangkan dalam Keputusan KPU RI nomor 511/PP.06-Pu/05/KPU/V/2018 tertanggal 21 Mei 2018.

BACA  Kena Razia Keramaian, Sejumlah Rumah Makan Ditutup

Meski terbilang wajah baru, lima komisioner KPU Provinsi Gorontalo terbilang bukan orang baru dalam dunia penyelenggara. Fadliyanto Koem, misalnya. Pria yang akrab disapa Fadli itu, menjabat sebagai Ketua KPU Gorontalo Utara.

Demikian pula Sophian Rahmola, yang saat ini menduduki jabatan Anggota KPU Gorontalo Utara. Pria yang memiliki latar belakang yang panjang di dunia jurnalistik itu pernah menjabat pula sebagai Ketua KPU Gorut.

BACA  Danrem 133 NW Ajak Warga Gorontalo Hadapi Nataru dengan 4 Orientasi

Tak jauh beda, Hendrik Imran juga termasuk matang dalam urusan penyelenggara Pemilu. Pria low profile ini dua periode menduduki keanggotaan di KPU Kabupaten Gorontalo.  Yakni sebagai anggota pada periode 2008-2013 dan sebagai Ketua KPU Kabupaten Gorontalo pada 2013-2018.

Begitu pula Selvie Katili. Anggota KPU Provinsi Gorontalo ‘petahana’ itu memiliki track record panjang dalam urusan penyelenggara Pemilu. Dimulai dari KPU Kabupaten Gorontalo hingga KPU Provinsi Gorontalo.

Menariknya, nama Ramli Ondang Djau cukup menyedot perhatian. Sosok aktivis ini mampu menyisihkan para pesaing yang telah lama berkecimpung dalam dunia penyelenggara Pemilu. Kondisi tersebut menunjukkan bila Ramli memang memiliki kompetensi yang memadai untuk duduk sebagai komisioner KPU Provinsi Gorontalo.

BACA  Instruksi Presiden, Gubernur Yang Pertama Divaksin

Sementara itu, Fadliyanto Koem sesaat setelah beredarnya salinan putusan KPU RI dalam jejaring media sosial WhatsApp menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak.

“Mohon dukungan untuk kerja-kerja selanjutnya,” kata pria murah senyum itu.

Ungkapan serupa juga disampaikan Selvi Katili. “Terima kasih atas dukungan semua. Mohon dukungannya untuk kerja-kerja ke depan,” ungkap Selvi Katili.(san-gp/hg)


Komentar