Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Episode Interpelasi Telah Selesai, Tinggal Tunggu Hasil Kajian Fraksi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Kamis, 18 Maret 2021 | 02:05 WITA Tag: , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorut, Roni Imran


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran menegaskan bahwa proses interpelasi telah berakhir. Saat ini tinggal menunggu sikap fraksi yang ada di DPRD Gorontalo Utara (Gorut).

Menurutnya, meskipun interpelasi telah selesai, namun masih ada episode lanjutan yakni tergantung dari hasil kajian dari masing-masing fraksi. Roni Imran mengungkapkan bahwa interpelasi hanya terkait dengan persoalan tanya jawab. Dalam artian DPRD bertanya dan dijawab oleh bupati.

BACA  Digunakan Sesuai Kebutuhan, Hak Angket Tak Selamanya Soal Pelengseran

“DPRD Gorontalo Utara telah menjalankan interpelasi, yang mana ketika DPRD bertanya kemudian diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada bupati untuk menjawab. Itu dilaksanakan sebanyak dua kali melalui paripurna,” kata Roni Imran.

Namun demikian terhadap jawaban bupati tersebut, masih akan dilakukan kajian lagi oleh masing-masing fraksi yang ada di DPRD Gorontalo Utara.

“Tentunya masing-masing fraksi akan melakukan kajian terhadap jawaban-jawaban yang telah diberikan oleh bupati tersebut. Fraksi akan melihat

BACA  Persoalan Perempuan dan Anak Harus Jadi Perhatian

apakah jawaban yang diberikan seperti kebijakan-kebijakan yang dilakukan dalam pemerintahan tersebut bersesuaian dengan aturan perundang-undangan yang berlaku atau tidak,” kata Roni Imran.

Lanjut katanya, jika ada dugaan melanggar aturan dan lainnya tentu ada tahapan yang akan dilakukan oleh DPRD secara kelembagaan. Olehnya,

apapun itu sikap dari DPRD untuk episode berikutnya sebagaimana yang ditegaskan oleh Roni Imran, semuanya masih menunggu hasil kajian dari masing-masing fraksi yang ada di DPRD Gorut.

BACA  Terkait Pembangunan, DPRD Minta Koordinasi dengan Pemerintahan Desa

“Hasil kajiannya mungkin dua pekan ke depan sudah ada dan paling lambat mungkin 3 sampai 4 pekan ke depan,” paparnya.

Yang pasti, kata Roni Imran, masih ada satu lagi tahapan pelaksanaan paripurna internal dalam rangka untuk mengambil kesimpulan atas hasil kajian yang dilakukan oleh masing-masing fraksi. (abk/adv/hargo)


Komentar