Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Evakuasi Warga Gorontalo Diangkut Truk

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 4 Oktober 2018 | 23:31 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, PALU – Secara bertahap warga Gorontalo yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, mulai dievakuasi ke Gorontalo, setelah sebelumnya mereka ditampung di sejumlah posko yang dibentuk pemerintah Gorontalo di Palu.

Rabu (03/10/2018) tadi malam, sebananyak 39 warga menumpang truk milik Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Para pengungsi ini diberangkatkan sekira pukul 21.00 WITA.

“Banyak warga yang sudah sangat trauma dan ingin segera ke Gorontalo. Kami sampaikan untuk sabar menunggu hingga ada bus yang mengangkut, namun mereka tetap memaksa,” kata Juliyarto, salah satu tim relawan Pemprov Gorontalo di Palu.

BACA  Tim Resmob Rajawali Ringkus Dua Pelaku Pencurian di Kota Gorontalo

Setelah diberi pengertian dan diperlihatkan kondisi mobil logistik yang hanya beralas terpal, warga korban gempa memutuskan untuk ikut ke Gorontalo. Setelah diambil data diri dan keluarga yang menerima di Gorontalo, mereka diizinkan untuk ikut diberangkatkan.

“Bahkan ada ibu hamil yang ingin ikut, tapi kami tahan karena kami menghawatirkan kondisinya nanti di perjalanan,” imbuhnya. Sementara itu, Pemprov Gorontalo rencananya mulai memfasilitasi proses evakuasi hari ini (4/10) melalui jalur darat.

BACA  15 Oktober, Panglima TNI dan Kapolri Berkunjung ke Gorontalo

“Menyahuti kenginan masyarakat Gorontalo yang ada di Palu untuk dievakuasi, maka kita akan bawa ke sini (Gorontalo) untuk bertemu keluarganya. Tadinya kita rencanakan hari Sabtu, pak Kapolda putuskan kalo sudah siap kita berangkatkan dari sana. Paling lambat besok Kamis (hari ini,red) ,” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu (3/10).

Sebelumya, Gubernur Rusli memimpin rapat gabungan dengan unsur Forkopimda dan OPD terkait guna membahas bantuan dan penanganan korban gempa di Sulteng. Berbagai hal dibahas, salah satunya tentang rencana evakuasi melalui jalur udara, laut dan darat.

BACA  Kabar Corona Hari Ini, Gorontalo Nihil Penambahan

Warga Gorontalo yang menjadi korban terdampak gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah mulai didata terkait dengan rencana kepulangannya di Gorontalo, hari ini. Hingga saat ini posko di Palu mencatat sudah ada lebih dari 450 warga yang ingin dievakuasi dari Palu.

Jalur udara dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI awalnya menjadi alternatif, belakangan rencana tersebut tidak bisa dilakukan karena berbagai kondisi dan kendala teknis di lapangan.

Laman: 1 2


Komentar