Evaluasi PUDAM dan BUMD Dilakukan Tersendiri

Hargo.co.id, GORONTALO – Rapat evaluasi dan koordinasi yang dilaksanakan oleh Komisi II DPRD Gorontalo Utara (Gorut) sejak akhir pekan lalu, ternyata belum tuntas. Buktinya, masih menyisahkan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Tinelo Lipu.

Kenapa bisa? Usut punya usut, evaluasi keduanya dilakukan secara tersendiri. Ada beberapa alasan sehingga Komisi II lakukan al tersebut.

“Memang benar masih menyisahkan PUDAM dan BUMD PT. Tinelo Lipu yang belum kami evaluasi. Evaluasinya akan dilakukan tersendiri karena ada beberapa alasan,” ungkap Sekretaris Komisi II, Ridwan R. Arbie.

Lanjut katanya, alasan dilakukan evaluasi tersendiri terhadap PUDAM dan BUMD PT. Tinelo Lipu, karena ada indikasi tidak sehat. “Kita terbuka saja, kondisi BUMD tersebut tidak sehat dari sisi keuangannya sebagaimana informasi yang kami peroleh,” jelasnya.

Hasil audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kondisi keuangan yang ada di BUMD baik itu di PUDAM maupun di PT. Tinelo Lipu itu tidak sehat. “Informasi seperti itu yang kami terima, ada dugaan kondisi keuangan yang tidak sehat dan itu katanya dari hasil audit yang dilakukan oleh BPK,” tegasnya.

Sejauh mana perkembangan yang ada di PUDAM dan PT. Tinelo Lipu itu, Komisi II akan dalami dan itu butuh waktu. Sehingga saat evaluasi, kehadiran Anggota Komisi II dan juga dari jajaran dari kedua BUMD tersebut. (abk/hg)

-