Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fadel Siap Dukung Zainudin Amali di Pilgub Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Politik , pada Jumat, 8 Januari 2021 | 15:05 WITA Tag: ,
  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali. (Foto; Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Walau hajatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Gorontalo baru akan berlangsung 2022, tapi perbincangan soal siapa figur yang dianggap pas untuk maju dalam hajatan pesta demokrasi itu, sudah dimulai dari sekarang.

Di media sosial, warung kopi, di lembaga politik sudah mulai menggadang tokoh-tokoh yang dinilai potensial ikut Pilgub. Salah satu tokoh yang mulai disebut-sebut layak untuk maju ke Pilgub Gorontalo tahun depan yaitu salah satu putra Gorontalo yang kini menduduki kursi Menteri. Yaitu Zainudin Amali yang menduduki jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Politisi Golkar yang sudah malang melintang di kancah politik nasional itu dinilai sudah saatnya untuk pulang kampung. Pilgub 2022 menjadi momentum tepat bagi Zainudin Amali untuk kembali ke Gorontalo, membangun tanah kelahirannya.

“Ka Udin (Zainudin Amali.red) adalah seorang politisi santun, tokoh nasional yang pantas memimpin Gorontalo. Pembawaannya yang tenang, baik dengan semua orang serta memiliki kemampuan dalam memimpin organisasi membuat Zainudin dipercaya oleh rakyat duduk di DPR RI hingga 4 periode meskipun di daerah pemilihan yang berbeda,” ujar Renaldi Naki, warga Kota Gorontalo.

BACA  HUT PDIP, Megawati Minta Kader di Seluruh Daerah Bersihkan Sungai

Menurutnya setelah sukses berkiprah di tingkat nasional, sudah saatnya Zainudin memimpin Gorontalo. Hal senada disampaikan oleh Helmin Hippy, tokoh masyarakat dari Kabupaten Gorontalo. Helmin mengatakan, kemampuan Zainudin sudah tidak diragukan lagi.

“Kepercayaan Presiden RI Jokowi sebagai menteri menjadi bukti bahwa Ka Udin memang memiliki kemampuan dalam memimpin. Sebelumnya Ka Udin juga dipercaya untuk menduduki jabatan Ketua Komisi II DPR RI. Ini menjadi modal bagi Ka Udin untuk memimpin Gorontalo ini ke depan,” kata Helmin.

Idam Mohamad wakil dari masyarakat Pohuwato mengatakan, Zainudin akan mendapatkan dukungan penuh jika mencalonkan diri sebagai  gubernur.

BACA  Tanpa Kebersamaan, Pembangunan Tak Akan Jalan

“Pemilihan gubernur tidak lama lagi, saya berharap Pak Zainudin bersedia mencalonkan diri,” tegas Idam sembari menambahkan bahwa jika ini kehendak rakyat, dirinya yakin Zainudin akan bersedia.

Zainudin sudah lama berkarir di dunia politik. Empat periode di DPR RI, memiliki jabatan strategis di partai dan juga dipercaya menjadi Menteri, Zainudin dinilai sebagai tokoh nasional yang sudah matang.
Sementara itu, tokoh masyarakat dari Kabupaten Boalemo, Anton Kaku mengatakan bahwa jika selama ini Zainudin sudah banyak berkiprah di tingkat nasional, maka sudah saatnya pulang kampung.

“Ka Udin sudah memiliki semuanya dan saya yakin beliau akan benar-benar membangun Gorontalo. Bukan untuk mencari popularitas apalagi kekayaan. Tapi semata-mata untuk pengabdian,” ujarnya.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode, Fadel Muhammad, menyambut baik penggadangan itu.  Bahkan Wakil Ketua MPR itu sudah mengusulkan tokoh yang dianggap tepat untuk mendampingi Zainudin Amali di Pilgub. Yaitu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

BACA  Tanpa Kebersamaan, Pembangunan Tak Akan Jalan

“Saya belum dengar tentang (Wacana Zainudin Amali maju di Pilgub Gorontalo) ini.  Tapi, saya mendukung dengan wakil Pak Nelson. Jadi kombinasi Nasional dan lokal,” kata Fadel Muhammad ketika dimintai tanggapannya lewat pesan singkat aplikasi WhatsApp, Kamis (7/1) malam.

Jika ke dua tokoh ini berpasangan, maka besar kemungkinan Golkar dan PPP akan kembali berkolaborasi, sebagaimana  di tiga Pilkada serentak 2020 yakni di Pohuwato, Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo. Sebagaimana diketahui Nelson Pomalingo adalah merupakan DPW PPP Provinsi Gorontalo. Sementara, Zainudin Amali merupakan pengurus DPP Golkar.

Kolaborasi dua partai besar di Provinsi Gorontalo ini, kata Fadel, sangat kuat.

“Apakah kombinasi PPP dan Golkar juga saya dengar makin menguat,” ucap Fadel singkat.(fem/rwf/hg)


Komentar