Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fakta di Balik Wisuda Drive Thru, Ada Merogoh Kocek Hingga Rp 500 Ribu

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi Gorontalo Headline , pada Selasa, 30 Maret 2021 | 23:05 WITA Tag: , ,
  Banyak wisudawan yang memilih menggunakan mobil guna jalani prosesi wisuda secara drive thru meskipun harus merogoh koceknya sebesar Rp 500 ribu. (Foto: Istimewa/Rita Setiawati untuk Hargo)


 Hargo.co.id, GORONTALO – Wisuda drive thru dipilih oleh beberapa perguruan tinggi untuk mengukuhkan wisudawan yang telah menyelesaikan studinya. Pemilihan konsep drive thru sebagai upaya guna meminimalisir berkumpulnya banyak massa di suatu tempat dalam waktu yang bersamaan.

Wisuda drive thru mengharuskan wisudawan untuk memasuki panggung guna pemindahan tali toga dan penyerahan ijazah dengan menggunakan kendaraan baik roda dua dan roda empat.

Namun pada moment wisuda 29-30 Maret 2021 di Universitas Negeri Gorontalo UNG), kebanyakan para wisudawan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan roda empat dibanding roda dua sebagai kendaraan untuk menuju tempat wisuda.

BACA  Jawara Peksiminas Kategori Menulis Puisi Disabet Mahasiswa UNG

Usut punya usut, ternyata ada wisudawan menggunakan rental mobil sebagai kendaraan untuk digunakan pada moment wisuda tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Anis Nasibu selaku pemilik rental mobil yang biasa menyewakan mobilnya untuk digunakan pada acara wisuda.

Banyak wisudawan yang memilih menggunakan mobil guna jalani prosesi wisuda secara drive thuu meskipun harus merogoh koceknya sebesar Rp 500 ribu. (Foto: Istimewa/Rita Setiawati untuk Hargo)
Banyak wisudawan yang memilih menggunakan mobil guna jalani prosesi wisuda secara drive thuu meskipun harus merogoh koceknya sebesar Rp 500 ribu. (Foto: Istimewa/Rita Setiawati untuk Hargo)

“Banyak wisudawan yang menyewa mobil untuk acara wisuda dan harganya pun bervariasi tergantung jarak dari lokasi wisuda,” kata Anis Nasibu.

BACA  Ini Alasan Rusli Habibie Minta Beras Luar Daerah Tidak Masuk Gorontalo

Tak semua wisudawan memiliki kendaraan roda empat seperti mobil. Oleh karena itu, dengan adanya rental khusus acara wisuda ini, menjadi salah satu alternatif yang dipilih oleh wisudawan demi kelancaran proses wisuda.

“Untuk harga tidak dipaksakan dan sesuai kesepakatan saja. Hanya saja kita mematok harga Rp 500 ribu untuk antar jemput dari Suwawa ke lokasi wisuda di UNG,” ungkapnya.

Lanjut katanya, untuk area Kota Gorontalo, dipatok harga sebesar Rp 300 ribu. Itu sudah termasuk BBM dan sopir, dan pelanggan bebas akan diantar ke mana saja. Selama masih di area Kota Gorontalo.

BACA  UNG Terapkan WFH Selama Pandemi Covid-19

Mengapa wisudawan lebih memilih menggunakan kendaraan roda empat seperti mobil untuk digunakan pada acara wisuda dibanding kendaraan roda dua/motor atau yang lainnya?

“Hal tersebut dikarenakan menggunakan mobil saat wisuda lebih nyaman, tidak panas dan bisa membawa lebih banyak sanak keluarga,” ungkap salah satu wisudawan bernama Surya yang ditemui di lokasi. (rita/ung/hargo)


Komentar