Kamis, 2 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fashion Tentukan Kesan Pertama

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Ragam , pada Jumat, 2 November 2018 Tag:
  


Hargo.co.id – Di zaman ini fashion sudah menjadi sarana komunikasi. Bahkan, di zaman ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang, terlebih bagi kaum muda. Fashion menjadi hal utama yang senantiasa diperhatikan kapan pun dan kemana pun kaki melangkah. Begitu pula oleh Siti Masitha A. Manangin. Gadis cantik yang akrab disapa Masita ini mengaku bahwa fashion adalah hal yang sangat penting jika ditelisik dari kehidupan manusia saat ini.

“Fashion itu penting sekali, karena first impression-nya orang ke kita itu pasti dilihat dari apa yang kita tampilkan dari segi berpakaian,” tutur gadis kelahiran 20 Desember 1997 ini.

Fashion bagi Masita bisa dikatakan adalah turunan. Karena Ibunya adalah seorang penjahit baju, maka kemampuan ia memilih dan memilah pakaian juga ditularkan langsung dari Ibunya.

“Saya mulai suka fashion sejak SMA. Kebetulan ibuku penjahit baju, jadi ibu sering mengajarkan saya tentang bagaimana memilih pakaian yang baik dan menarik,” ujarnya.

Putri sulung dari pasangan Alwi Manangin dan Liana Sani ini pun menuturkan bahwa dalam dunia fashion, kemampuan memilih pakaian itu sangat penting. Misalnya, harus tahu membedakan mana pakaian yang cocok pakai ke kampus dan ke acara formal, atau mana warna yang cocok dipakai di siang hari dan mana yang lebih enak dipakai pada malam hari.

“Kalau saya pribadi, untuk menentukan warna saya lebih ke selera saya sendiri namun tetap memperhatikan kaidah-kaidah fashion. Misalnya kalau siang saya lebih suka menggunakan pakaian dengan warna soft, sedangkan malam lebih ke pakaian yang berwarna gelap,” ujar gadis penyuka konsep fashion Gita Savitri tersebut.

Selain itu, Masita juga menjelaskan bahwa pemilihan warna pakaian juga harus disesuaikan dengan warna kulit.

“Kalau warna kulit kita terang, cantik sekali jika menggunakan warna-warna yang gelap. Tapi jika warna kulit kita coklat atau gelap, lebih enak jika memilih warna-warna yang soft,” tuturnya.

Diakhir wawancaranya, Masita menuturkan harapannya untuk remaja-remaja Gorontalo yang ingin terus mengembangkan konsep fashion-nya seiring berkembangnya zaman.

“Untuk teman-teman kaum muda Gorontalo yang ingin mengembangkan konsep fashion-nya seiring berkembang zaman, maka kembangkanlah. Namun jangan lupa, tetaplah jaga identitas kita sebagai masyarakat Gorontalo dengan senantiasa berpakaian sopan,” tukas Masita mantap.(tr64/gp/hg)