Sabtu, 17 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Faskes Wajib Lakukan Skrining Awal Pasien

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:05 WITA Tag: , , ,
  Pelaksanaan rapid test. (Foto : JPNN)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dilingkungan Tenaga Kesehatan (Nakes), Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo menyerukan kepada seluruh kepala-kepala Fasilitas Kesehatan (Faskes), mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit (RS) untuk melakukan skrining awal dengan alat rapid test.

“Dimasa pandemi ini, kita menganjurkan semua fasilitas kesehatan untuk waspada dan melakukan skrining awal,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, Dikes Provinsi Gorontalo, Andriyanto Abdussamad, M. Kes, saat menjadi narasumber pada narasi sehat yang membahas tentang benarkah rumah sakit mengcovidkan pasien, Jumat (16/10/2020) yang ditayangkan di kanal YouTube Dikes Provinsi Gorontalo.

BACA  Cegah Klaster Perkantoran, 100 ASN Pemprov Jalani Swab Test

Menurutnya, langkah ini diambil pihaknya sebagai tindak lanjut dari penerapan protokol kesehatan di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang tertuang dalam keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) RI nomor 1591. Selain itu, kata Andriyanto, juga mengurangi nakes yang terpapar.

BACA  Pondok Pesantren Diminta Sediakan Ruang Isolasi

“Tenaga kesehatan kita sudah banyak yang terpapar, seperti yang disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 provinsi Gorontalo, dari hampir 3.000 kasus covid-19, 75 persennya adalah pekerja. Dan dari 75 persen pekerja itu, 75 persennya adalah nakes dan non nakes. Makanya kita wanti-wanti ke teman-teman untuk melakukan screaning awal,” tandas Andriyanto Abdussamad.(HARGO)

BACA  Kasus Covid-19 di Kota Gorontalo Mulai Berkurang

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar