Kamis, 2 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Festival Crossborder Kemenpar Sukses Hebat di Merauke

Oleh Fajriansyach , dalam Kabar Nusantara , pada Senin, 5 Desember 2016 Tag: , ,
  


Hargo.co.id JAKARTA – Perhelatan Crossborder Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di penghujung tahun 2016 berakhir manis. Acara di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini tepatnya di Lapangan Sota, Merauke Papua, berjalan lancar dan aman, Sabtu (3/11) kemarin. Ribuan orang berkumpul dan berdatangan di festival yang dilangsungkan di perbatasan tersebut.

”Happy ending, masyarakat Sota bercampur dengan wisman yang berdatangan dari Papua Nugini terhibur dengan konser Wonderful Indonesia. Saya ingin, acara ini diteruskan dan rutin digelar, karena acara ini menghidupkan ekonomi masyarakat lokal.

Kami mohon Kemenpar memasukkan agenda ini lebih sering, lebih rutin di 2017,” harap Konsulat Jendral Republik Indonesia di Papua Nugini, Abraham Lebalauw saat menghadiri acara Konser Wonderful Indonesia di Merauke, Papua.

Lebih lanjut Abraham mengatakan, yang terpenting adalah, debut Crosborder untuk Papua Nugini sudah beberapa kali diadakan di Papua. Yang pertama di Skouw, Jayapura dan yang ke dua di Sota, Merauke.

Keduanya berbatasan dengan Papua Nugini. ”Yang terpenting itu adalah, di Papua Nugini sudah terdengar santer branding Wonderful Indonesia, melalui kegiatan ini.

Kalau ingat Indonesia, pasti ngomongnya Wonderful Indonesia Festival di perbatasan yang selalu heboh. Acara ini semakin mengena di hati khalayak,” ujar Abraham.

Memang, Menpar Arief Yahya tidak berhenti menggelar banyak festival di perbatasan, yang dinamai crossborder festival. Baik di Aruk Kalbar dengan Malaysia, Atambua dengan Timor Leste, maupun di Jayapura dan Merauke, Papua Nugini.

Jika lokasinya tetap, eventnya rutin, waktunya bisa dipastikan, maka destinasi di sana juga akan hidup. Dalam perhelatan sabtu malam (3/12) hingga dini hari Minggu (4/12) acara begitu meriah. Seluruh masyarakat Sota, Merauke berbaur dengan beberapa musisi yang mayoritas bergenre reggae.

Mereka bergoyang sambil terus berteriak Wonderful Indonesia dipandu oleh para artis Reggae ternama di Papua. Group band yang berhasil menyihir pengunjung adalah Band Sandy Bethay, Blacksound, Dave Solution dan beberapa artis ibukota.

”Skema mengajak masyarakat Papua Nugini itu harus cerdas. Kemenpar sudah melakukan itu, yakni dengan mengajak dan mengunci kepala suku yang satu klan, maka dia akan membawa massanya.

Daerah yang dekat dengan Merauke adalah Kota Daru Papua Nugini, nah kalau pimpinannya sudah nyebrang ke kita, pasti yang lain ikut nyebrang. Jika sudah joget bersama Wonderful Indonesia, pasti yang lain ikut joget, sudah tepat yang dilakukan Kemenpar ini,” katanya.

Laman: 1 2 3