Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Festival Pesona Otanaha 2017! Pariwisata, Prospek Ekonomi Masa Depan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 8 Mei 2017 | 13:19 PM Tag: , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Sektor pariwisata terus digarap pemerintah. Tak hanya investasi pemerintah dengan membenahi sejumlah tempat wisata dan menggagas iven pariwisata, keterlibatan pihak swasta juga diharapkan dapat mendorong potensi pariwisata daerah. Apalagi, pariwisata diyakini sebagai penggerak ekonomi masa depan. “Banyak potensi wisata yang bisa kita kemas di Kota Gorontalo. Untuk wisata budaya dan sejarah termasuk kuliner,”kata Walikota Marten Taha saat membuka festival pesona otanaha (FPO) ke III tahun 2017 di kawasan purbakala benteng otanaha, Kota Gorontalo, Sabtu (6/5).

FPO sendiri merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengembangkan pariwisata di Kota Gorontalo. Aganda tahunan ini terbukti mengangkat potensi pariwisata, sebab menampikan budaya dan ciri khas Gorontalo. Walikota Marten Taha menuturkan, saat ini, geliat pariwisata terus menunjukkan perkembangan yang sangat menjanjikan.

Di Kota Gorontalo sendiri, pengembangan wisata diarahkan pada wisata sejarah dan wisata religi. “Ada situs benteng otanaha, ada jejak kaki lahilote di tangga 2000, sementara wisata religi, seperti festival Parade Walima dan Festival Tumbilotohe,”ujarnya. Khusus untuk Festival Tumbilotohe, telah ditetapkan melalui Most Regular Cultural Action sebagai satu dari wisata budaya terpopuler di Indonesia oleh kementrian Pariwisata.

Terkait pelaksanaan Festival Pesona Otanaha yang kini digelar, menurut Marten Taha, diharapkan dapat mengangkat beragam potensi yang ada yang berciri khas daerah. “Selain tentang situs benteng otanaha sendiri, FPO juga ditujukan untuk mengangkat potensi lainnya, kuliner khas daerah, serta kerajinan dan kesenian khas daerah.

Hal senada juga disampaikan Asiten Administasi Setda Provinsi Gorontalo Hujairin Rohan, yang hadir mewakili Penjagub Gorontalo dalam pembukaan FPO kemarin. Disampaikannya, sudah saatnya mengalihkan andalan perekonomian masyarakat ke sektor Pariwisata. “Pariwisata itu menjanjikan, sangat futuristik, berbeda dengan sektor andalan saat ini, yakni pertanian dan perikanan misalnya, yang seringkali guncang kerana pengaruh musim, untuk sektor pariwisata kita hanya butuh inovasi untuk mengembangkannya,” kata Hujairin.

Sementara itu, pada pelaksaan FPO 2017 sendiri, sedikitnya 7 event akan ditampilkan. Pada Minggu (7/5) kemarin, event pertama yakni lomba lari 10 Kilometer telah dilaksanakan dengan mengambil rute start depan rumah Dinas Walikota Gorontalo dan Finish di lokasi benteng otanaha. Sementara itu, beradasarkan jadwal yang ada, pada Senin (8/5) hari ini, akan dilaksanakan dialog budaya tentang benteng otanaha.

Selain itu, masih ada event lain yang akan dilaksanakan, seperti lomba kuliner tradisional, lomba kesenian dan lagu tradisional, pemilihan putra dan putri Otanaha, serta lomba fotografi Otanaha. Dari rangkaian event FPO tersebut, Pemilihan Putra dan Putri Otanaha, menjadi event terbaru FPO yang dilaksanakan pada FPO ke III tahun ini. Pada pembukaan kemarin, sejumlah agenda juga digelar seperti karnaval budaya dan penampilan tari kolosal putri molie. (gip/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar