Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fory Naway Ungkap Pentingnya Data Penyandang Disabilitas

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo , pada Rabu, 7 April 2021 | 22:05 WITA Tag:
  Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway saat diwawancarai sejumlah wartawan usai menjadi pemateri kegiatan Bimtek Aplikasi e-Data Sektoral, Rabu (07/04/2021) di Manado. (Foto:Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway menjelaskan pentingnya keakuratan data penyandang disabilitas. Data tersebut harus terintegrasi untuk membantu dan memenuhi hak penyandang disabilitas.

Menurut Fory Naway, data tersebut sangat dibutuhkan oleh pemerintah, terutama dalam merumuskan program kerja dan menentukan kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan bagi para penyandang disabilitas.

Pada kesempatan itu, Fory Naway juga menjabarkan berbagai strategi dalam peningkatan kapasitas aparat desa. Khususnya kapasitas aparat dalam pendataan anak anak penyandang disabilitas

“Yang terpenting itu adalah keserasian data. Jadi data itu harus saling terintegrasi. Kalau tidak, kita tidak bisa mengaplikasikan secara maksimal karena datanya yang tidak akurat dan tentunya yang paling akurat itu data dari desa,” terang Fory Naway saat menjadi pemateri dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi e-data sektoral, Rabu (07/04/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Manado, Sulawesi Utara itu diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para aparatur desa dalam melakukan pendataan tentang penyandang disabilitas yang ada di desanya. 

Fory Naway berharap  semua peserta benar-benar menyiapkan indikator data, bahkan terjun langsung ke lapangan jika diperlukan. Dirinya juga meminta kepada para aparatur untuk terus melakukan update data penyandang disabilitas.

“Keakuratan data itu penting, Kadangkala data yang diterima itu tidak sesuai sehingga data juga harus terus diperbaharui,” kata Fory Naway.(hiu/adv/hargo)

BACA  Saatnya Traffic Light di Gorontalo Dilengkapi Ruang Henti Khusus

Komentar