Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fraksi PKS Sebut RPJMD 2021-2026 Belum Berujung 

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Legislatif , pada Sabtu, 7 Agustus 2021 | 04:05 Tag: ,
  Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Safrudin Hanasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Menurut Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 belum berujung. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara fraksi pada paripurna pandangan fraksi, Safrudin Hanasi.

“RPJMD 2021-2026 yang disusun di tengah Pandemi Covid-19 belum terlihat ujungnya kapan akan berakhir,” ucap Safrudin, Jumat (06/08/2021).

Safrudin, juga mempertanyakan bagaimana pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam membuat asumsi dasar atau prediksi dan perencanaan 5 tahun yang akan datang. 

“Lalu, apakah dalam asumsi normal, darurat atau seperti apa? Mohon penjelasan,” tegas Safrudin. 

Selain itu, ia menyebut penyusunan RPJMD dihadapkan pada permasalahan masyarakat yang belum terlepas dari Wabah Pandemi Covid-19. Sementara pemerintah mendorong masyarakat untuk hidup di era new normal (kebiasaan baru) yang serba digital atau virtual. 

“Lantas bagaimana pemerintah Kabupaten Gorontalo menjawab tantangan hidup masyarakat ini melalui RPJMD yang disusun,” cetus Safrudin. 

Tak berhenti sampai disitu, Anggota DPRD dua periode pun mempertanyakan strategi pemerintah daerah dalam menjaga konsistensi antara dokumen perencanaan dan pembangunan. 

“Misalnya antara dokumen RPJMD maupun RKPD serta Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Mohon penjelasan disertai contoh,” tutup Safrudin. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 17 times, 1 visits today)

Komentar