Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



FunBike Awali Kirab Nusantara Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 8 Mei 2017 | 10:34 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Pantai Kurenai yang terletak di Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango tampak lain dari biasanya. Sebelumnya, pantai yang memiliki hamparan pasir putih itu dipenuhi rumput liar dan semak belukar. Pantai Kurenai tampak lebih cantik. Rumput liar dan semak belukar telah dipangkas habis.

Lebih kurang sepekan terakhir, para petugas bersama sejumlah alat berat dikerahkan guna membersihkan kawasan pantai. Luas areal yang telah selesai dibersihkan sekitar luasan 3/4 lapangan sepak bola.

Meski demikian, petugas tidak sapu rata dalam pembersihan. Pohon-pohon rindang yang ada di kawasan itu tetap dibiarkan hidup agar suasana tetap terasa asri. Di lokasi, petugas juga mulai membangun tenda-tenda untuk pameran expo, merangkai lampu penerangan, dan menata areal khusus untuk pelepasan 1.000 lampiun (balon api). Sebagian petugas lainnya terlihat sedang membangun panggung utama, serta mempersiapkan bangunan gala diner.

BACA  Ini Hasil Penelitian Tentang Physical Distancing untuk PAUD

Begitulah kesibukan yang ada di kawasan Pantai Kurenai. Penataan itu dilakukan seiring akan dilaksanakannya iven Kirab Nusantara, yang merupakan salah satu bagian promosi pariwisata Provinsi Gorontalo. Iven itu sendiri akan digelar pada 7 Mei hingga 9 Mei mendatang. Pantai Kurenai menjadi titik pelaksanaan kirab nusantara.

Hingga kemarin, (5/5), progres penataanya kawasan Pantai Kurenai ini diperkirakan sudah mencapai 80 persen.

“Esok akan kita lanjutkan lagi pekerjaannya untuk finishing. Pada hari minggu akan ada juga aksi bersih-bersih sekaligus kegiatan door prize di kawasan Pantai Kurenai,” kata Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Resma Kabakoran.

Kirab Nusantara ditargetkan menjadi kegiatan termeriah yang pernah digelar di Gorontalo. Kegiatan ini memiliki motif jangka panjang untuk pengembangan sektor Pariwisata yang mulai tahun 2017 ini dicanangkan menjadi program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

BACA  Pastikan Protkes, Ormawa UNG Bantu Pencegahan Covid-19

Lewat iven Kirab Nusantara, pemerintah Provinsi Gorontalo ingin mempromosikan semua potensi keindahan alam objek wisata, kearifan budaya lokal, serta produk kuliner khas Gorontalo sebagai destinasi wisata yang menarik.

Menurut Resma Kabakoran, sedianya pusat Kirab Nusantara ini akan digelar di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo. Namun karena Taruna dalam tahap rehabilitasi maka dipindahkan ke Pantai Kurenai. Pemerintah juga memiliki pertimbangan khusus sehingga harus memilih Pantai Kurenai. Di antaranya karena lokasinya yang indah, dan lebih representatif.

“Di Pantai Kurenai lokasi parkir mobil bisa menampung hingga 500 unit. Di sebelahnya lagi kita siapkan untuk parkiran roda dua dan tiga,” ujarnya.

Lebih lanjut Resma menyampaikan, penataan Pantai Kurenai sudah disetting seperti pasar malam. Semua kawasan pelaksanaan Kirab Nusantara akan disekap kecuali arah pantai agar pengunjung bisa menikmati suasana pantai, utamanya pada malam hari.

BACA  Penerapan Protokol Kesehatan di Mapolsek Tilongkabila

Pelaksaan Kirab Nusantara akan diawali pada Minggu (7/5) dengan agenda Funbike yang mengambil start di Rudis Gubernur Gorontalo dan finish di Pantai Kurenai. Pada agenda funbike juga akan disediakan doorprize.

Selanjutnya, Senin (8/5), akan dihelat agenda mini expo, kuliner, kirab perahu nelayan, pertunjukan seni, budaya, etnis, musik, dan dance, serta pelepasan 1.000 lampiun dan gala dinner.

Selasa (9/5) kegiatan akan berlanjut pada Seminar International Pariwisata di Grand Palace, Kota Gorontalo.

“Semua ini sudah kita rencanakan dengan baik. Kita berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar Kirab Nusantara ini bisa sukses sebagaimana harapan dan target kita untuk promosi wisata Gorontalo,” pungkas Resma. (and/hargo)


Komentar