Saturday, 24 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fungsi  BPD Wajib Dimaksimalkan, Harus Paham TupoksiÂ

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Saturday, 19 June 2021 | 14:05 PM Tags:
  Suasana rapat dengar pendapat Komisi l DPRD Kabupaten Gorontalo dengan BPD belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di daerah itu untuk lebih meningkatkan Kinerjanya dalam melayani masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Jayusdi Rivai menyusul masih banyaknya aspirasi masyarakat yang diterima DPRD Kabupaten Gorontalo, terkait kinerja BPD yang dinilai belum maksimal dan dianggap belum memahami tupoksinya sebagai pelayanan masyarakat. 

Salah satu permasalahan terkait kinerja BPD tersebut terungkap dalam Rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar oleh Komisi l DPRD Gorontalo bersama Dinas Pemdes dan juga aparat Desa Sukamaju, Kecamatan Mootilango belum lama ini. 

“Sebagai lembaga pengawasan sudah seharusnya BPD mengawasi kinerja dari aparat desa, bahkan ketika mendapatkan laporan warga, BPD punya hak untuk mengundang Kepala Desa untuk dimintai klasifikasinya,” tegas Jayusdi Rivai. 

“Sama seperti DPRD ketika menerima laporan masyarakat ditindaklanjuti dengan melihat langsung di lapangan dan jika pada kenyataannya ada yang perlu dimintai keterangan, DPRD akan mengundang OPD terkait,” sambungnya. 

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Komisi l DPRD kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano. Dirinya menjelaskan, peran BPD dalam hal pengawasan sangat penting untuk perbaikan desa kedepannya. BPD harus bisa bersinergi dengan Kepala Desa beserta aparatnya untuk memaksimalkan tupoksi masing masing. 

“Peran dari BPD sangat besar dalam hal pengawasan berjalannya pelayanan dan pemerintahan di desa, sehingga sangat disayangkan jika tupoksi BPD tidak dimaksimalkan dengan baik,” tegas Syarifudin Bano. 

Legislator tiga periode ini berharap, Dinas Pemdes dapat meningkatkan kapasitas BPD dengan menggelar bimbingan teknis bagi Kepala Desa dan BPD se-Kabupaten Gorontalo. Hal ini sangat penting agar BPD dan Kepala Desa beserta Aparatnya lebih menguasai tugas dan fungsi mereka sebagai perwakilan pemerintah di desa.

 “Maka kami meminta Dinas PMD untuk segera melakukan bimtek bagi mereka. Kami berharap pemerintahan yang ada ditingkat desa bisa berjalan dengan baik, sebab tercapainya program-program pemerintah daerah kuncinya ada di desa,” tandas Syarifudin. (wie/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar