Wednesday, 4 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Fungsi Pengawasan Tetap jadi Prioritas

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Thursday, 27 May 2021 | 18:05 PM Tags:
  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Irwan dai

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mendorong pembangunan merata di semua sektor, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo diharap agar lebih mengutamakan program dari masyarakat dan juga lebih ditingkatkan untuk pengawasan. 

“Yang paling penting adalah pengawasan. Sehingga, kebijakan pemerintah daerah tidak berpihak kepada rakyat dapat segera dicegah,” tegas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Irwan Dai. 

Selain itu dirinya meminta kepada para Aleg tetap mengutamakan fungsi sebagai wakil rakyat, yaitu tiga fungsi dalam menilai kinerja eksekutif. Pertama sebagai fungsi legislasi, controlling dan budgeting. 

“Artinya bila seorang anggota Dewan mampu menggunakan fungsinya secara maksimal, maka dipastikan seluruh kebijakan yang diputuskan bersama eksekutif terkait program pembangunan di masyarakat akan membawa manfaat besar dan berjalan secara optimal,” tutur politisi Golkar ini, Rabu (26/05/2021).

Dia mencontohkan, dalam membuat salah satu Peraturan Daerah harus tetap mengutamakan program dari rakyat, jangan hanya kepentingan pribadi aleg masing-masing. Maka dari itu dalam membuat peraturan daerah atau aturan lain harus disesuaikan dengan pemerintah pusat. 

“Untuk itu, saya berharap rekan-rekan aleg di DPRD Kabupaten Gorontalo, agar nantinya bekerja lebih giat dan mengutamakan kepentingan rakyat,”pungkasnya. (wie/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar