Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gaji GTT jadi Prioritas pada Pembahasan APBD Perubahan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Rabu, 16 September 2020 | 12:05 WITA Tag:
  Banggar DPRD Gorut yang dipimpin Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Djafar Ismail dan Roni Imran pada pembahasan perubahan anggaran, Selasa (15/09/2020). (Foto Alosius Budiman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam pembahasan perubahan anggaran 2020 yang saat ini tengah dilakukan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), salah satu yang menjadi perhatian utama dari para wakil rakyat tersebut yakni terpenuhinya pembayaran gaji atau honor untuk pada Pegawai Tidak Tetap (PTT) maupun Guru Tidak Tetap (GTT).

Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail saat dimintai keterangannya usai pembahasan perubahan anggaran, Selasa (15/09/2020) mengatakan bahwa pihaknya memprioritaskan persoalan honor atau gaji PTT dan GTT.

BACA  Wagub Harap, Perda Protokol Kesehatan Segera Diterbitkan

“Kami menghimbau dengan tegas agar gaji atau honor dari PTT maupun GTT itu harus terpenuhi hingga akhir tahun anggaran 2020 ini,” tegasnya.

Pasalnya selama ini mereka telah diangkat ataupun direkrut oleh pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

“Dan ketika mereka telah bekerja dan banyak membantu kinerja pemerintahan, harusnya ada timbal balik yang harus diberikan yakni memperhatikan apa yang menjadi hak mereka yakni gaji dari para PTT dan GTT tersebut,” ujar Djafar.

BACA  Lewat DID dan DAK, Pemkab Bantu Nelayan di Pesisir Danau Limboto

Dari pantauan Gorontalo Post, selama pembahasan yang dilakukan secara bergiliran oleh OPPD, seakan tiada bosannya, Djafar Ismail selalu mempertanyakan dan meminta penjelasan terkait dengan jaminan ketersediaan anggaran untuk pembayaran gaji PTT dan GTT.

BACA  Lakukan Sensus Penduduk, BPS Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

Seperti yang terpantau pada giliran pembahasan dari Dinas Pendidikan yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Irwan A. Usman, Djafar mempertanyakan kejelasan gaji dari GTT dan juga honor yang tersebar di sekolah dan dinas. Ketua DPRD tersebut merasa puas dengan penjelasan yang disampaikan oleh Kadis Pendidikan yang mengambil opsi pembayaran gaji tidak hanya melalui APBD namun juga disiasati dengan BOS. (abk/adv/hg)


Komentar