ramadan2024

ramadan2024

Gaji Wasit di Piala Dunia Dibanderol 980 Juta 

×

Gaji Wasit di Piala Dunia Dibanderol 980 Juta 

Sebarkan artikel ini
WASIT Damir Skomina memberikan kartu kuning terhadap bek Swedia Mikel Lustig dalam pertandingan Swedia vs Swiss, Selasa (3/7). (INSERT : Jam Tangan canggih buatan Hublot yang digunakan wasit di Piala Dunia 2018)

Hargo.co.id – Tak hanya para pemain top dunia. Wasit turut menjadi bagian penting dalam gelaran sepak bola. Tak terkecuali Piala Dunia 2018 di Rusia. Apa jadinya bila pertandingan sepak bola tanpa wasit? Jawaban atas pertanyaan itu sudah bisa dibayangkan. Selain tak sedap dipandang mata, pertandingan tersebut pastinya akan diwarnai dengan beragam kekerasan fisik dan nonfisik.

hari kesaktian pancasila

Karena itu cukup beralasan bila wasit menjadi bagian penting dalam dunia sepak bola. Peran penting wasit dalam pertandingan sepak bola membuat Federation International of Football Association (FIFA) begitu selektif menentukan wasit yang memimin pertandingan Piala Dunia.

Dilansir laman FIFA, untuk hajatan Piala Dunia 2018 otoritas sepak bola dunia tersebut telah memilih 36 wasit dan 63 asisten wasit. Para wasit itu diseleksi sejak September 2014. Ada 53 bersama 159 asisten wasit dari seluruh dunia ikut ambil dalam seleksi tersebut. Tahapan seleksi dilakukan melalui berbagai seminar.

Example 300250

FIFA memilih wasit berdasarkan skill dan personalitas yang dimiliki oleh calon wasit. Termasuk pengetahuan dan kemampuan membaca jalannya pertandingan serta taktik yang digunakan tim.

Dari hasil seleksi, ada beberapa nama yang sebelumnya terpilih tetapi batal ikut karena kasus pengaturan skor. Antara lain Fahad Al-Mirdasi dari Arab Saudi beserta dua asisten wasit yang menemaninya. Kemudian asisten wasit Marwa Range dari Kenya.

Menariknya, pada Piala Dunia 2018 tidak ada wasit yang berasal dari Inggris. Hal tersebut merupakan pertama kalinya terjadi sejak Piala Dunia 1938.

Ramadhan 2024

Sebenarnya ada wasit asal Inggris Mark Clattenburg yang sempat masuk nominasi FIFA. Namun Clattenburg batal menjadi pengadil di lapangan hijau di Rusia setelah dirinya meninggalkan tugas di Liga Primer Inggri. Ia memilih menjadi direktur wasit di kompetisi sepakbola Arab Saudi.

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) sempat mengajukan nama lain menggantikan Clattenburg. Namun permintaan itu ditampik langsung FIFA.

Sementara itu para wasit yang dipanggil ke Rusia digaji dengan angka yang cukup fantastis. Memang belum ada info resmi FIFA besaran gaji para wasit. Tetapi menurut UOL Esporte, salah satu media asal Brasil, gaji para wasit Rusia dibanderol hingga USD 70 ribu atau setara 980 juta (kurs USD 1: Rp 14.000) untuk sepanjang turnamen.

Gaji tersebut berlaku bagi para wasit yang tergolong elit. Sedikitnya ada 16 wasit yang termasuk elit di Piala Dunia. Mereka di antaranya, Cuneyt Cakir (Turki), Felix Brych (Jerman) dan Nestor Pitana (Argentina) masuk ke dalam daftar tersebut. Selain menerima gaji USD 70 ribu, para wasit tersebut juga menerima mendapatkan USD 3 ribu (Rp 42 juta) per pertandingan yang dipimpin.

Untuk asisten wasit (hakim garis) mendapat gaji USD 25-30 ribu (Rp 350-420 juta) sepanjang turnamen Piala Dunia 2018. Para asisten wasit juga mendapatkan USD 2 ribu (Rp 28 juta) per pertandingan.

Pendapatan para wasit Piala Dunia 2018 di Rusia bisa dibilang lebih besar dibanding dua edisi sebelumnya. Yakni piala dunia 2010 di Afrika Selatan dan 2014 di Brasil. Kala itu, semua wasit Piala Dunia hanya mencapai USD 50 ribu atau sekitar Rp 688 juta.

Gol Jam Tangan
Di sisi lain, Piala Dunia 2018 tak hanya ajang skill pemain. Turnamen akbar tersebut turut menjadi ajang pamer kecanggihan teknologi. Selain Video Assistant Referees (VAR)–yang membantu menentukan keputusan– wasit masih dibekali peranti canggih.

Salah satunya smartwatch (jam tangan pintar). Smartwatch buatan Hublot itu berfungsi mengecek gol. Secara sederhana mekanisme kerjanya yakni memunculkan notifikasi saat gol dianggap sah oleh sistem. Selain tertera pada layar, notifikasi itu dilengkapi dengan tanda getar.

Selain oleh wasit selama gelaran Piala Dunia 2018, smartwatch ini bisa dibeli. Namun, dijual dengan jumlah terbatas. Hanya 2.018 buah.

Jika melihat dari rilisnya, jam Hublot canggih ini dibanderol seharga USD 5.200 atau sekitar Rp 72,8 juta dengan desain khusus Piala Dunia.(dirangkum dari berbagai sumber)



hari kesaktian pancasila