Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gala Desa Sukses Jaring 732 Atlet

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 4 Oktober 2017 | 09:03 Tag: , ,
  

KOTA,hargo.co.id– Setelah digelar dua bulan lamanya, Gala Desa tahun 2017 yang merupakan program kementerian pemuda dan olahraga RI di Kota Gorontalo, Sabtu, (14/10) resmi ditutup. Dipusatkan di Stadion Merdeka, agenda itu sukses memberikan semangat baru di dunia olahraga Kota Gorontalo, dengan mempertemukan lebih dari 732 peserta, baik dari tingkat sekolah maupun dari masyarakat.

Dalam sambutannya, Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, ivent seperti Gala Desa harus terus digalakkan sebagai wadah untuk melatih serta mencari bibit-bibit atlet baru yang bisa ditingkatkan kemampuannya, sehingga mampu berbicara di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.

“Karena itulah, pelaksanaannya bagaimana jangan hanya sampai pada kegiatan ini saja. Tetapi justru ini (gala Desa) merupakan awal pembinaan para atlet-atlet bisa berprestasi,” terang Walikota Marten Taha.

Terlebih banyak ivent-ivent olahraga tingkat nasional dan internasional yang menanti partisipasi Gorontalo. Karenanya, butuh persiapan bibit-bibit yang dilatih untuk menjadi petarung yang hebat. Seperti yang dilakukan di Kota Gorontalo dalam dua tahun terakhir ini dengan membentuk Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Daerah (LPPD) yang membina ratusan atlet di enam cabang, dari bulutangkis, sepak takraw, sepak bola, catur, volly ball, dan tenis meja. Bahkan atlet bulutangkis binaan LPPD sudah mampu unjuk gigi di tingkat Indonesia Timur.

“Untuk itu saya berharap melalui gala desa ini, kita sudah bisa mendapatkan gambaran dari 6 cabang yang bisa kita bina lebih lanjut lagi,” tambah Mantan Ketua KONI Provinsi Gorontalo.

Masih kata Marten, untuk itu dibutuhkan peran serta semua pihak. Sebab berbicara olahraga bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, KONI, dan Dinas saja, tetapi butuh keterpaduan semua pihak terutama masyarakat.

“Saya minta dinas Pariwiata Pemuda dan Olahraga, KONI kota, dan para guru olahraga di masing-masing sekolah, serta yang tergabung dalam komunitas ayo sama-sama kita satukan semangat, agar olahraga semakin maju. Semangat ini akan menjadi tonggak mengembangkan olahraga di masa-masa yang akan datang,” pungkas Walikota.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Gorontalo Irwan Hamzah ini dibuat dengan tujuan melahirkan semangat olahraga masyarakat sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Karena itulah, agar semangat Gala Desa terasa hingga ke masyarakat, pelaksanaannya sengaja tidak dipusatkan di satu titik, namun di enam titik kecamatan.

Yakni untuk cabang atletik di Kelurahan Limba U II, cabang Tenis Meja di Kelurahan Tenda Kecamatan Hulondalangi, cabang Bulutangkis di Kelurahan Molosifat U Kecamatan Sipatana, cabang bola voly di Kelurahan Padebuolo Kecamatan Kota Timur, cabang sepak bola di Kelurahan Talumolo Kecamatan Dumboraya, serta cabang Sepak Takraw di Kelurahan Dulomo utara Kecamatan Kota Utara.

“Selain itu, dari Gala Desa ini menginspirasi ke depan berdirinya sekolah sepak bola (SSB) di Kelurahan Talumolo, dan pemusatan latihan sepak takraw pemuda di Kelurahan Dulomo Utara Kecamatan Kota Utara,” jelas Irwan Hamzah.(*)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar