Sunday, 1 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gali Potensi Daerah Guna  Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Wednesday, 16 June 2021 | 12:05 PM Tags:
  Anggota Komisi lI, DPRD Kabupaten Gorontalo, Saripa Pangalima. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kekayaan alam Kabupaten Gorontalo masih sangat luas. Bahkan masih banyak potensi yang bisa digali untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Misalnya saja kondisi hutan yang ada di Kabupaten Gorontalo yang perlu adanya regulasi.

Anggota Komisi lI, DPRD Kabupaten Gorontalo, Saripa Pangalima menjelaskan, kawasan hutan masih sangat luas dan masih berpeluang untuk dikelola, seperti di Desa Dulamayo, Buhu, Tapaluluo. 

“Hutan-hutan ini bisa dikelola dan dimanfaatkan tentunya dengan perizinan dari kepala desa dan tentunya membutuhkan regulasi yang tepat dengan menyesuaikan tata ruang RT/RW yang ada,” jelas Saripa.

Ia mengharapkan, kedepannya, bisa terwujud hutan produksi seperti di daerah lain, namun tentunya itu semua butuh komunikasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan konsultasi tentang regulasi hutan rakyat dan hutan produksi. Sehingga bisa dipisahkan mana hutan produksi dan mana yang bisa menjadi hutan rakyat. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun saya berharap dan optimis keinginan dari komisi l ini bisa terwujud tentunya. 

“Masih akan kita konsultasikan dengan instansi terkait tentunya memang membutuhkan tata ruang RT/RW untuk membahas masalah ini, namun semua bermuara pada keinginan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Kabupaten Gorontalo, khususnya rakyat yang ada di seputaran kawasan hutan yang terhampar di Kabupaten Gorontalo,” harapnya.(wie/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar