Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gamaria Purnamawati Monoarfa Pimpin FORIKAN Provinsi Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 13 September 2022 | 06:05 Tag: , , ,
  Pelantikan Gamaria Purnamawati Monoarfa sebagai Ketua FORIKAN Provinsi Gorontalo Gamaria oleh Gubernur Gorontalo, Senin (12/9/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa resmi dilantik sebagai ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Gorontalo oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer pada Senin (12/9/2022).

Pelantikan yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Gubernur ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Gorontalo Nomor 280/24/VIII/2022 tentang Pengurus FORIKAN Provinsi Gorontalo.

“Saya percaya bahwa Ketua dan seluruh pengurus dapat mengemban tugas dengan sebaik baiknya dan penuh tanggung jawab,” kata Hamka Hendra Noer dalam Pelantikan tersebut.

Dirinya berharap, pengurus FORIKAN Gorontalo yang baru dilantik itu dapat memacu peningkatan dan pemerataan konsumsi makan ikan melalui program promosi gemar makan ikan yang menjadi tugas utama dari FORIKAN Provinsi Gorontalo.

Dari data yang ada, tingkat konsumsi ikan di Provinsi Gorontalo di tahun 2021 mencapai 65,53 Kg perkapita pertahun. Gemar makan ikan juga diyakini sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting di Gorontalo.

“Angka tersebut lebih tinggi dari tingkat nasional yang rata rata berada di angka 55 kg perkapita pertahun. Tentu hal ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat Gorontalo akan manfaat makan ikan. Ini menjadi pekerjaan utama teman-teman FORIKAN,” Katanya menerangkan.

Di tempat yang sama, Gamaria Monoarfa di tempat yang sama menyampaikan, tugas utama yang akan dilakukannya usai dilantik adalah melanjutkan semua tugas yang telah dilakukan oleh kepengurusan FORIKAN sebelumnya.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah kampanye gemar makan ikan, bantuan lahan pangan ikan bagi LKSA, lomba cipta menu berbahan baku ikan, promosi dan pameran gemar makan ikan dan lain sebagainya.

Selain untuk mendukung pencegahan Stunting, beberapa kegiatan tersebut juga diyakini dapat memutuskan rantai kemiskinan dan menciptakan generasi sehat dan cerdas melalui program makan ikan pada 1000 hari pertama kehidupan.

“Hal hal tersebut merupakan bentuk kegiatan yang akan terus dilanjutkan dan terus diperkuat. Ini juga sebagai bentuk sinergitas yang positif untuk menunjang program-program pemerintah,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar