Jumat, 25 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gandeng IPB, Bappeda Boalemo Kembangkan Komoditi Pertanian dan Perkebunan

Oleh Sunarto Nusi , dalam Kab. Boalemo , pada Kamis, 31 Oktober 2019 | 17:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Boalemo menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka pengembangan investasi dan daya saing produksi komoditi pertanian dan perkebunan.

Hal itu ditandai lewat sosialisasi Program Investasi Kelapa Terpadu bertempat di aula Bappeda Boalemo, Senin (28/10/2019) lalu. Disampaikan Kepala Bappeda Ir. Rusdin Aminu MM bahwa program pengembangan investasi dan daya saing komoditi perkebunan tengah diperankan kalangan swasta di daerah. Di mana, program ini perlu didukung sepenuhnya agar mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan ekonomi daerah.

BACA  Tenggelam di Sungai, Bocah Perempuan di Boalemo Meninggal Dunia

“Mewujudkan upaya ini maka salah satu potensi dapat dikembangkan khususnya di Boalemo adalah komoditi kelapa terdu yang punya nilai ekonomi tinggi guna meningkatkan pendapatan masyarakat pelaku perkebunan kelapa dalam khususnya,” beber birokrat tulen di lingkungan Pemkab Boalemo ini.

BACA  Sungai Tangkobu Makan Korban, Dua Anak Tenggelam

Lanjut Rusdin mengatakan, meningkatkan ekonomi daerah dan pendapatan masyarakat itu, oleh pemerintah daerah bekerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus memberikan pencerahan pada sosialisasi Program Investasi Kepala Terpadu kepada kalangan petani, pihak swasta atau pengusaha kopra.

BACA  Sesosok Mayat Pria Ditemukan di Perkebunan di Boalemo

Sementara itu, merujuk data dirilis Dinas Pertanian Boalemo produksi perkebunan kelapa tersebar di 7 wilayah kecamatan rata-rata dengan produksi mencapai 6.446 ton per kopra. (nrt/hg)


Komentar