Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gandeng UNG, Pemda Gorontalo Utara Siap Tuntaskan Penyakit TB

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 8 Juni 2021 | 12:05 WITA Tag: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat membuka seminar pendahuluan Tuberkulosis yang bekerjasama dengan UNG, Senin (07/06/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Target Gorontalo Utara (Gorut) agar 2022 bebas dari penyakit Tuberkulosis (TB), nampaknya akan terwujud. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggandeng pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk lakukan penelitian. 

Menurut Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin, langkah pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi guna mencari solusi agar penyakit TB hilang. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Indra Yasin usai mengikuti seminar pendahuluan berupa kajian tentang menularnya penyakit TB.

“Mencari solusi terhadap bagaimana sebenarnya penyakit TB tersebut. Mulai dari penyebabnya, cara penularan hingga penanganannya. Pasalnya penyakit TB tersebut masuk dalam 10 besar penyakit yang dapat menyebabkan kematian,” ungkapnya.

Berbeda dengan corona, kata Indra Yasin, jika corona terindikasi, maka penderitanya langsung diisolasi selama dua pekan, dan penanganaannya lumayan cepat dan jaminan kesembuhannya. 

“Untuk TB ini, butuh bertahun-tahun, sehingga pemerintah daerah menaruh perhatian yang serius dengan melakukan seminar dan kerjasama dengan pihak UNG untuk mencarikan solusinya,” jelas Indra Yasin.

Dirinya berharap dengan adanya kerjasama tersebut akan ada rekomendasi dari pihak peneliti kepada pemerintah terkait dengan penyakit TB. Sehingga pemerintah daerah dapat melakukan apa saja terkait dengan rekomendasi tersebut.

Terinformasi juga di Gorontalo Utara, kata Indra Yasin, masih ada sekitar 100 lebih penderita TB, dan ini menjadikan Goorntalo Utara sebagai posisi kedua setelah Bone Bolango terhadap penderita TB. 

“Tentunya saya berharap agar penyakit TB ini tuntas di Gorontalo Utara pada tahun depan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Indra Yasin Minta Laporan Perkembangan Pekerjaan Per Pekan 

Komentar