Kamis, 17 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gelandangan, Pengemis dan ODGJ Segera Ditertibkan 

Oleh Berita Hargo , dalam Kota Gorontalo Metropolis , pada Senin, 7 Juni 2021 | 22:05 WITA Tag: ,
  Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Gorontalo, Endang Hulumudi SH, saat diwawancarai media ini. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Banyaknya pengemis, gelandangan dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalan, dikeluhkan masyarakat. Betapa tidak, kenyataan itu membuat pemandangan tak sedap di Kota Gorontalo. 

Itu lantas tak membuat diam instansi terkait. Buktinya, pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial bersama dengan Polres dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berencana akan melaksanakan penertiban. Targetnya yakni menyisir para pengemis, gelandangan dan ODGJ yang sering berkeliaran di Kota Gorontalo. 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Gorontalo, Endang Hulumudi SH. Ditemui di ruang kerjanya, Endang Hulumudi mengungkapkan jika pihaknya akan melakukan penertiban pada 15 Juni 2021. 

“Jadwalnya seperti itu, dan razia ini dilakukan secara gabungan,” kata Endang Hulumudi saat ditemui Hargo.co.id,  Jumat (04/06/2021). 

Ditambahkan, razia kali ini akan menyisir seluruh persimpangan yang ada di Kota Gorontalo. Kami akan lebih fokus ke pengemis, gelandangan dan orang terlantar yang didalamnya termasuk ODGJ.

Selain dilakukan penertiban, mereka akan dibawa ke Dinas Kesehatan untuk diperiksa kesehatannya terlebih dahulu. Terkhusus untuk ODGJ, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan maka setelah itu mereka akan dibawa untuk direhabilitasi ke instalasi jiwa di RSUD Tombulilato yang berada di Bone Bolango. (rita/hargo)

BACA  ODGJ di Gorontalo Utara Tinggi, Bupati Kaget

Komentar