Gelombang Tinggi dan Cuaca Tak Bersahabat, Nelayan Parkir Perahu

Gorontalo Headline

Hargo.co.id, GORONTALO – Kondisi cuaca ekstrim masih terjadi di laut Gorontalo. Ombak tinggi disertai angin kencang  membuat sebagian besar nelayan kini enggan melaut dan terpaksa sandar dayung. Terlihat perahu  berjejer di bibir pantai. Seperti di wilayah Kelurahan Leato, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Ahad (15/09/2019).

Hal tersebut sesuai dengan himbauan BMKG Gorontalo bahwa angin kencang dan gelombang tinggi akan melanda Gorontalo dalam beberapa hari kedepan.

banner 728x485

“Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap perubahan iklim yang ekstrim ini, belum bisa dipastikan kapan akan berakhir,” ujarnya.

Angin kencang bahkan terasa di daratan berlangsung dari pagi hingga petang.

“Siang saja keras sekali disini, apalagi kalau dilautan. Saya dan teman-teman memutuskan belum turun laut,” ujar Jali (40) warga Kelurahan Leato.

Dia mengakui ombak dilautan bisa mencapai 3-4 meter tentu membahayakan nyawa para nelayan. Para nelayan terpaksa harus mencari pekerjaan lain untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Yah mau bagaimana, terpaksa harus peras otak untuk cari makan,” katanya.

Kondisi cuaca yang tidak berpihak pada nelayan berimbas pada hasil tangkapan. Karno (36) mengakui sudah tiga hari dirinya tidak menangkap ikan.

“Sudah lama perahu terparkir saja. Jika dipaksa melaut, nyawa bisa terancam,” katanya.

Hal ini berpengaruh pada harga ikan dipasaran. Erni (22) warga Kelurahan Siendeng mengakui keluarganya sekarang lebih memilih ikan air tawar.

“Ikan laut sekarang harganya mahal, jadi lebih banyak beli ikan sungai,” katanya. Nelayan berharap cuaca bisa segera membaik, agar mereka bisa kembali melaut. (gp/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *