Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gelombang Tinggi, Harga Ikan Naik

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 14 Maret 2017 | 11:18 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO -hargo. co.id – Harga ikan segar yang dijual di beberapa pasar tradisional di Kota Gorontalo mengalami kenaikan hingga mencapai 40 persen, Senin (13/3).Kenaikan harga ikan segar salah satunya dipicu kondisii laut yang bergelombang tinggi.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, selain karena gelombang tinggi.pula kenaikan harga ikan segar juga dipicu oleh banyaknya nelayan yang menjual ikan ke luar Gorontalo, seperti di wilayah Manado dan Sulawesi Tengah.

BACA  Mudik Dilarang, Menparekraf Beberkan 3 Strategi Peluang untuk Pelaku Usaha

Yamin Ahmad, salah seorang pedagang ikan di pasar sentral Kota Gorontalo mengatakan, saat ini harga ikan ekor kuning segar berada di kisaran Rp 28 Ribu hingga Rp 30 Ribu per Kg, atau naik dari harga awal sebesar Rp 20 Ribu per Kg.

Sedangkan harga ikan oci juga mengalami kenaikan dari harga Rp 15 Ribu per Kg menjadi Rp 30 Ribu per Kg  Namun menurut Yamin, minat masyarakat untuk membeli ikan masih tetap tinggi walaupun harga naik.

BACA  UMKM Sulit Dapat Modal, OJK: Itu Hanya Persoalan Komunikasi

Sementara itu, pedagang ikan lainnya Abas mengaku, angin barat daya menyebabkan ombak tinggi sehingga nelayan kesulitan untuk mencari ikan “Terlalu beresiko ombak di laut mencapai dua meter, hal itu menyulitkan nelayan untuk melaut, jadinya harga ikan mahal.

BACA  Pandemi, Pemilik Kos-kosan di Bone Bolango Berikan Diskon 

Belum lagi banyak yang menjual ikannya di luar Gorontalo,” katanya Dijelaskannya, hal tersebut mengakibatkan harga ikan laut di pasaran mengalami kenaikan karena pasokan yang kurang dari nelayan.

Dalam beberapa hari belakangan ini, masih banyak pemilik kapal di Kota Gorontalo memilih untuk tidak melaut karena cuaca tidak memungkinkan.(tr-53)


Komentar