Senin, 5 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gempa M 7,2 Mengguncang Jepang, Menyebabkan Tsunami

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Dunia , pada Sabtu, 20 Maret 2021 | 21:05 WITA Tag:
  Dokumentasi - Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku - buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang 14 Februari 2021. Foto: ANTARA/REUTERS / Issei Kato/pri.


Hargo.co.id, TOKYO – Gempa berkekuatan 7,2 magnitudo pada kedalaman 60 km mengguncang wilayah pantai timur laut Jepang pada Sabtu (20/3).

Guncangan gempa menghantam wilayah yang pernah hancur akibat bencana 2011 serta menyebabkan tsunami setinggi satu meter, demikian dilaporkan stasiun penyiaran NHK.

Gempa melanda pantai Prefektur Miyagi pada pukul 18.26 waktu setempat dan memiliki kekuatan 7,2 magnitudo pada kedalaman 60 km, kata Badan Meteorologi Jepang.

BACA  China Minta WHO Selidiki Asal-usul COVID-19 di Negara Lain

Perusahaan Tohoku Electric Power menghentikan kegiatan pembangkit nuklir Onogawa dan sedang memeriksa gangguan lainnya, lapor NHK.

Sementara itu, perusahaan Tokyo Electric Power sedang memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi, yang hancur akibat gempa dahsyat Maret 2011 hingga menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

BACA  Terusan Suez Lumpuh, Harga Minyak Langsung Melonjak

Tayangan video NHK dari biro Sendai memperlihatkan sebuah plakat yang menggantung di langit-langit bergoyang selama sekitar 30 detik akibat gempa.

Gempa dapat dirasakan hingga ke Tokyo, yang berjarak 400 km bagian selatan dari pusat gempa.

BACA  Sepekan Kandas di Terusan Suez, Ever Given Akhirnya Berhasil Dievakuasi

NHK memperingatkan masyarakat agar menjauhi pantai. (Reuters/antara/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Gempa Besar Mengguncang Jepang, Menyebabkan Tsunami“. Pada edisi Sabtu, 20 Maret 2021.

Komentar