Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Generasi Micin

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Jumat, 15 Desember 2017 | 19:05 Tag: ,
  

Hargo.co.id, Zetizen-GP- Kids zaman now pasti nggak asing dong dengan istilah generasi micin? Penasaran nggak kenapa kok harus micin? Kenapa nggak generasi BonCabe, generasi keju mozarela, atau generasi matcha aja? Apa karena makanan sekarang mengandung micin? Daripada kamu pusing sendiri memecahkan misteri itu, yuk simak yang satu ini! (erc/c14/dhs)

Penelitian Pertama tentang Micin
FYI, menurut jurnal kedokteran yang dibuat Dr Robert Ho Man Kwok pada 1968, muncul Chinese restaurant syndrome karena adanya micin atau monosodium glutamat (MSG) loh! Jurnal itu dibuat berdasar pengalaman Robert yang merasa mati rasa di bagian leher setelah makan di restoran Chinese ketika itu. Finally, dilakukan penelitian deh. Hasilnya, micin membawa banyak pengaruh buruk saat dicobakan ke hewan. Salah satunya mengakibatkan berkembangnya jaringan mati di otak.

Kenapa Harus Generasi Micin?
Nah, karena dapat memengaruhi otak, salah satu dampak mengonsumsi micin lantas dihubungkan dengan kondisi anak dan remaja zaman sekarang. Sebanyak 17 persen Zetizen meyakini bahwa prestasi akademik generasi sekarang makin menurun karena pengaruh mengonsumsi micin. Apalagi, saat ini makin banyak jenis snack yang mengandung monosodium glutamat (MSG) dan makin digemari kids zaman now.

Siapa Generasi Micin?
Berdasar polling, 66 persen Zetizen memberikan julukan generasi micin khusus kepada anak-anak alay zaman sekarang. Bukan secara general kepada generasi milenial atau generasi Z. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa saat ini populasi anak alay makin meningkat. Salah satunya bisa dilihat dari perilaku mereka yang kadang meresahkan generasi sebelumnya. Contoh yang viral adalah kelakuan anak SD berpacaran di media sosial. Parahnya lagi, mereka nggak malu memamerkan kemesraan dan saling memberikan panggilan sayang. Belum lagi, aksi geng bocah yang sempat terekam sedang melabrak temannya.

Makanan Sekarang Mengandung Banyak Micin?
Kids zaman now pasti punya food zaman now juga dong. Nah, 7 di antara 10 Zetizen meyakini bahwa food zaman now mengandung banyak micin atau MSG. Apalagi, makanan zaman sekarang didominasi snack dalam kemasan dan segala hal yang serbainstan. Nggak heran kalau makanan favorit anak zaman sekarang nggak terlepas dari micin. ’’Apa-apa jadi nggak enak kalau nggak ada micin. Dikit atau banyak, yang penting ada lah. Yang terpenting, kadarnya masih wajar,’’ curhat Muhammad Yafie Jasmi Azis dari SMA Al Hikmah Surabaya.

Yuk, simak tanggapan zetizen, tentang Generasi micin!

Afriyani Katili
Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo

Harus Dibasmi 
Kalau dengar soal ‘Generasi Micin’ pasti yang langsung terlintas dipikiranku adalah soal anak-anak zaman sekarang yang sudah gak tahu adab dan aturan, seperti suka pacaran dan pakai obat-obatan. Menurutku ‘Generasi Micin’ ini harus benar-benar di basmi, karena kalau tidak, musnahlah harapan bangsa ini untuk bisa menciptakan negara yang maju. (ZT-11)

 

Moch. Eka prasetia, Farmasi
STIKES Bina Mandiri Gorontalo

Super Update
Menurutku generasi micin itu orang-orang yang bertindak sebelum berpikir, biasanya mereka hanya mementingkan rasa senang diawal tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi selanjutnya. Dan generasi micin itu anak-anak yang always update internet melulu. Coba jika pulsa datanya habis, reaksinya itu kayak udah mau kiamat besok, sesak nafas, pusing, dan reaksi tidak jelas lainnya. (ZT-10)

 

Arini Saman
SMA N 4 Gorontalo

Internet Jadi Kebutuhan Pokok 

Generasi micin, seperti generasi zaman now yang saat ini populer di kalangan remaja. Kebutuhan primer generasi micin saat ini sudah bukan kebutuhun pokok seperti makanan. Melainkan gadget, data internet menjadi kebutuhan pokok para Gecin. Generasi yang sudah mengenal teknologi yang kian hari makin canggih. (ZT-07)

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar