Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Giliran Sangihe Diterjang Banjir Bandang

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar dari Timur , pada Minggu, 5 Januari 2020 | 14:05 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, SANGIHE – Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diterjang banjir bandang, Jumat (3/01/20129). Banjir yang menerjang Desa Lebo, Kecamatan Manganitu itu menewaskan tiga warga setempat.

Seperti yang dilansir Gorontalo Post, satu orang telah berhasil dievakuasi, sementara dua lainnya masih dalam proses evakuasi karena tertutup longsor. Bupati Sangihe Jabes Gaghana mengatakan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 06.00 WITA. Bencana yang sangat parah di Desa Lebo.

BACA  Bencana Longsor, 9 Rumah di Kota Palopo Rusak Berat

“Banyak rumah hanyut dan tiga orang meninggal dunia. Satu sudah ditemukan dan dua masih tertutup longsor. Selain itu, 6 orang luka-luka sudah dibawa di rumah sakit,” katanya dikutip dari kompas.com.

Warga Lindongan Pokole, Kampung Lebo, yang meninggal dunia akibat banjir bandang tercatat bernama Bartolomeus Mangape (83). Selain itu, menurut Bupati, ada tujuh warga yang terluka akibat banjir di daerah tersebut.

BACA  Positif Covid-19, Empat Orang Tahanan Polda Papua Kabur dari Rumah Sakit

“Tujuh orang yang luka saat ini sudah dibawa ke Puskesmas Manganitu,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe mendistribusikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir bandang di Kampung Lebo.

“Kami minta semua masyarakat bersabar karena pemerintah sudah menangani,” kata bupati.

BACA  Gagal Take-Off, Garuda Keluar Landasan di Bandara Sultan Hasanudin

Ia juga mengimbau warga agar waspada bencana susulan. Korban yang mengungsi sebanyak 80 kepala keluarga (KK) yang ditempatkan di beberapa gedung gereja. Sementara itu, penanganan tengah dilakukan oleh BPBD, SAR, TNI, Polri, relawan dan masyarakat. Posko sementara di tempat kejadian bencana juga telah dibentuk. (gp/net/hg)


Komentar